kawasan hutan di Komplek Perumahan Pertamina (Komperta) Rumbai, Pekanbaru, Riau

Asrinya Hutan Perumahan PHR, Jadi Rumah Sejuk Bagi Spesies yang Dilindungi

Di Baca : 1135 Kali
Seekor Tupai dengan warna yang cukup unik dan indah kerap terlihat di sekitar perumahan PHR Rumbai, Pekanbaru. Perusahaan upstream migas tersebut hingga kini masih terus mempertahankan keaslian hutan tropis yang luasnya mencapai 420 hektare dan masih menyimpan beragam keanekaragaman hayati. (Dok Humas PHR)

Pekanbaru, Detak Indonesia – Udara pagi terasa sejuk saat memasuki kawasan hutan Sungai Ambang, di Komplek Perumahan Pertamina (Komperta) Rumbai, Pekanbaru, Riau. Kicauan burung di balik pucuk pohon dan arus air yang mengalir di anak sungai menambah suasana alami kian asri.

Kawasan Sungai Ambang juga menjadi salah satu jogging track di sekitar hutan tropis di area Komperta Rumbai. Keberadaan hutan Rumbai yang berdampingan dengan komplek perumahan ini seolah mengobati kerinduan alam semula jadi yang harmoni, ditambah suara hewan khas hutan tropis merdu terdengar di balik rimbunnya pepohonan dan semak belukar.

Hutan Rumbai terbagi atas kawasan barat, timur dan koridor yang merupakan hutan sekunder tua yang berfungsi sebagai penyangga kehidupan di sekitarnya. Luasnya mencapai 420 hektare.

Peduli lingkungan menjadi aspek penting bagi PHR memastikan keberlanjutan alam yang seimbang. Mempertahankan hutan Rumbai tetap ada dan terjaga, merupakan ikhtiar PHR dalam mewarisi alam yang lestari.

"Ini merupakan komitmen PT Pertamina Hulu Rokan dalam pelestarian alam, sehingga hutan dan satwanya masih tetap terjaga dan terlindungi,” kata Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar