di Jalan Veteran Kabanjahe

Bupati Karo Pantau Langsung Persiapan Uji Coba Pelayanan Air 24 Jam Zona Kabanjahe

Di Baca : 373 Kali
Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang tinjau langsung persiapan ujicoba pelayanan air minum zona 24 jam di Jalan Veteran Kabanjahe Rabu (04/10/2023). (Diskominfo Kab Karo)

Kabanjahe, Detak Indonesia-- Mengatasi permasalahan air yang sudah sekian lama terjadi, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang memantau langsung Persiapan Uji Coba Pelayanan Air 24 jam untuk zona Kabanjahe.

Bupati memantau langsung Persiapan Uji Coba ini di Water Tower yang lazim dikenal sebagai water leiding di sekitar Gang Air Minum, Jalan Veteran Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara Rabu (4/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Direktur PDAM Tirta Malem, Jusup Sukatendel menjelaskan bahwa deklarasi Uji Coba Pelayanan Air 24 Jam Zona Kabanjahe akan dilaksanakan pada pekan ke-3 Oktober 2023.

“Kita berharap proses pengerjaan dapat diselesaikan dalam pekan ini dan pada pekan ketiga nanti Bupati akan mendeklarasikan Pelayanan Air 24 Jam," ujarnya.

Dirinya juga menambahkan sesudah Kabanjahe maka area Pelayanan Air 24 jam akan ditingkatkan ke area lebih luas sehingga lebih banyak masyarakat yang menikmati Pelayanan Air 24 Jam tersebut. 

Sementara itu, Bupati Karo menyebutkan terdapat 4 titik sumber mata air untuk memasok kebutuhan air bersih ke Kabanjahe dan sekitarnya. Apabila keempat sumber mata air ini dapat difungsikan maksimal maka kebutuhan air di Kabanjahe akan tercukupi bahkan berlebih.

“Untuk memenuhi kebutuhan air Kabanjahe, kita memiliki 4 sumber air yang telah dimanfaatkan, yaitu Aek Bolon, Lau Bengap, Lau Berneh dan Lau Melas.  Kalau ini semua sudah berjalan dan kita juga dapat maksimalkan pemanfaatkan mata air Lau Bawang serta Lau Biang melalui program KPBU dengan Kementerian Keuangan, maka Kita akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga Kabanjahe dan sekitarnya yang tentunya akan membahagiakan masyarakat,” ucap bupati.

“Saat ini kita sedang mengganti pipa yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sebagai informasi menara air ini dibangun pada tahun 1930. Selanjutnya, pasokan dari menara air ini ke pelanggan akan ditertibkan. Untuk pengerjaan kita pastikan selesai dalam pekan ini sehingga pada pekan ketiga Oktober air di Kabanjahe sudah tersedia 24 jam,” lanjut Bupati. (stm)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar