Upaya Tingkatkan Pariwisata di Riau

Pertamina Hulu Rokan Dukung Sertifikasi Pemandu Wisata

Di Baca : 864 Kali
Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau mendorong sertifikasi kompetensi pemandu wisata bagi kelompok sadar wisata di Riau. (Dok. Humas PHR)
 

Sejak awal, potensi pariwisata di Riau telah menjadi fokus PHR melalui strategi program Desa Wisata, baik itu pembinaan sumber daya manusia (SDM) maupun produk ekonomi kreatif. Dengan menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau sebagai mitra pelaksana, PHR berupaya mengembangkan potensi wisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism/CBT).  

Beberapa capaian telah diraih di antaranya, Desa Wisata Bukit Batu di Kabupaten Bengkalis yang meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori Daya Tarik Pengunjung dan berhasil mencatatkan nama di Museum Rekor Muri Indonesia (MURI). Kemudian Desa Koto Mesjid di Kabupaten Kampar yang dikenal dengan Desa Wisata Kampung Patin, meraih Juara I Regional Wilayah I Sumatera Lomba Desa/Kelurahan 2023 tingkat nasional yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

PHR juga turut mendorong pengembangan potensi wisata Pulau Belimbing di Bangkinang, Kampar menyimpan banyak potensi wisata alam dan kearifan lokal yang sarat dengan budaya. Selanjutnya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru yang ikonik, memiliki nilai sejarah dan budaya. (rls)

 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar