DAMPAK ERUPSI SINABUNG

Desa Batukarang Butuh Bantuan

Di Baca : 6285 Kali

Kabanjahe,  Detak Indonesia--Desa Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo dengan jumlah 1.700 KK (Kepala Keluarga) merupakan salah satu desa yang kena dampak letusan gunung api Sinabung di awal 2018.

Sedari itu, akibat keluhan warga desa di sosmed atas minimnya bantuan ke desanya,  maka beberapa komunitas yang melihat merasa prihatin dan menggalang dana dengan cara masing-masing untuk memberi bantuan ke desa tersebut pada Sabtu\/Minggu (3\/4 Maret 2018). 

Salah satu perangkat Desa Batukarang yakni Frans Maradona Bangun menjelaskan kepada para penyumbang yang datang ke desanya pada Sabtu (3\/3\/2018) dan (4\/3\/2018) bahwa desanya mengalami kerugian akibat letusan Gunung Sinabung. 

"Memang kami tidak mengungsi serta desa ini terlihat baik-baik saja secara sepintas kita melihat maka jarang sekali para donatur datang ke sini padahal kami sangat butuh bantuan,  dampak yang kami alami sama dengan desa sekitar tapi penyumbang sangat minim maka tolong lah sampaikan kepada teman-teman agar memperhatikan kami baik kepada pemerintah Kabupaten Karo," ujarnya.

Lanjutnya lagi menjelaskan, perladangan warga belum seutuhnya bisa disentuh semenjak adanya letusan besar kemarin,  tidak ada yang bisa warga kerjakan saat ini,  lihat ladang warga sebagian besar gagal panen juga warga belum bisa menanam kembali menunggu sampai semuanya stabil dulu. Ini dijelaskannya kepada beberapa komunitas yang hadir memberi bantuan sembako ke desanya yang didampingi wartawan di posko relawan Desa Batukarang. 

Adapun beberapa komunitas yang hadir menyumbang secara bersamaan pada saat itu yaitu dari komunitas Bikers Perdagangan (Sumut) ,Tanah Tinggi (Sumbar)  Peduli Alam Sumut,  Masyarakat Langkat,  Pemuda Muslim Indonesia,  Siapa Dia Hotel Siantar, Bikers Tour Raya.





 ","photo":"\/images\/news\/y2omnathdk\/1520171590-picsay.jpg","caption":"Beberapa Komunitas berfoto bersama di halaman Gereja Desa Batukarang usai memberikan bantuan kepada warga. \u00a0(pmg\/Detak Indonesia.co.id)"},{"body":"

Adapun bantuan berupa sembako, pakaian bekas,  alat tulis,  buku,  dan memberi pendidikan mental juga penghiburan kepada anak TK,  SD, SMP Desa Batukarang oleh gabungan mahasiswa dari Komunitas Peduli Alam Sumut. 

Kepala Desa Batukarang Roin Andreas Bangun yang ikut mendampingi dalam penerimaan sembako mengucapkan banyak terima kasih kepada para komunitas yang sudah mau menyempatkan berbagi datang jauh - jauh ke desa ini. 

Roin juga mendokan agar kebaikan para penyumbang di balas oleh Tuhan Yang Maha Esa bahwa kepedulian teman - teman sangat membantu warga. 

Ketua Bikers Perdagangan Agung Putra didampingi bendaharanya Samuel,  mengatakan semoga ini bisa bermanfaat dan amanah berharap bisa meringankan beban warga. 

Ketua Peduli Alam Sumut Zack Tarigan didampingi oleh koordinator pelaksana Nurul Sahira mengatakan semoga luka dan rasa trauma yang di alami warga khususnya anak- anak akibat letusan Sinabung bisa berkurang dengan kehadiran rombongan yang sudah memberikan yang terbaik  tak ada lain tujuannya hanya untuk saling bahu mambahu antar sesama saudara.

Ini dikatakannya di sela-sela menghibur anak sekolah di Jambur Desa Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo,  Sumut,  Minggu (4\/3\/2018).(pmg) 


 ","photo":"\/images\/news\/y2omnathdk\/1520171658-picsay.jpg","caption":"Salah satu siswa SMP Desa Batukarang membacakan sebuah puisi Sinabung saat acara kunjungan rombongan Peduli Alam Sumut di Jambur Desa Batukarang\u00a0Kecamatan Payung Kabupaten Karo,\u00a0 Sumut,\u00a0 Minggu (4\/3\/2018). (pmg\/Detak Indonesia.co.id)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar