Gandeng BRGM

PHR Edukasi Warga Rohil untuk Pengelolaan Sampah dan Cegah Karhutla di Riau

Di Baca : 627 Kali
Pelatihan pengelolaan sampah dan karhutla yang dilaksanakan di Rumah Belajar Inovatif Sintong, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.
 

“Kami diberikan mandat oleh Presiden RI untuk restorasi dan rehabilitasi gambut. Semua itu tidak akan berhasil tanpa menyentuh problem keseharian warga, termasuk usaha produktif warga yang bisa meningkatkan kesejahteraan. Dengan kolaborasi ini, kita ingin ciptakan usaha ekonomi yang berwawasan lingkungan, pengelolaan sampah dengan membentuk bank sampah dan penanganan karhutla,” kata Yusuf.

Menurut Yusuf, komitmen dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak berubah, yakni untuk terus berfokus pada segi pemberdayaan dan peningkatan produktifitas. Dengan begitu, kolaborasi antara PHR dan BRGM diharapkan mampu mengatasi isu lingkungan yang juga sangat terkait dengan isu ekonomi kemasyarakatan.

“Tentunya kita mesti berbangga bahwa Rokan Hilir punya pusat edukasi rumah belajar inovatif Sintong, kegiatan ini memberikan ilmu dan informasi yang luas kepada publik,” ujarnya.

Penghulu Sintong Pusaka Rokan Hilir Ibrahim menyampaikan apresiasi terhadap PHR dan BRGM atas kontribusinya dalam mengatasi masalah sampah dan karhutla.

“Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan jadi adalah masalah. Namun jika bisa kita kelola dengan baik maka akan bernilai ekonomis. Bank sampah ini diperlukan untuk meningkatkan kreativitas dan ekonomi masyarakat, kami dari pemerintah desa apresiasi atas kolaborasi dalam memberdayakan masyarakat tersebut,” ujarnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar