sebagai tradisi khas daerah

Pemkab Rohul Gelar Potang Bolimau Sambut Ramadhan 1445 H

Di Baca : 407 Kali
Menyambut bulan Suci Ramadhan 1445 hijriah, pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan hulu, Riau menggelar potang bolimau sebagai tradisi khas daerah, yang berlangsung di halaman Masjid Islamic Center, Ahad sore (10/3/2024). (Foto Humas Pemkab Rohul)

Pasirpengaraian, Detak Indonesia--Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1445 hijriah, pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan hulu, Riau menggelar potang bolimau sebagai tradisi khas daerah, yang berlangsung di halaman Masjid Islamic Center, Ahad sore (10/3/2024).

Adapun Tradisi Potang Bolimau ini dimulai dengan sholat Ashar berjamaah, sebagai tanda awal kegiatan dan dilanjutkan dengan Wakil Bupati Rokan hulu H Indra Gunawan bersama rombongan disambut dengan penuh kegembiraan oleh masyarakat yang hadir dengan diiringi tradisi brudah, yang diikuti dengan atraksi pencak silat yang memukau penonton.

Wabub Rohul H Indra Gunawan mengatakan tradisi Potang Bolimau tahun ini sengaja diadakan di halaman Masjid Islamic Center untuk mengantisipasi keramaian di sepanjang aliran Sungai Rokan yang sewaktu-waktu dilanda banjir akibat cuaca yang tidak menentu.

"Potang Bolimau ini lebih dari sekadar ritual, kegiatan ini juga merupakan warisan turun temurun yang harus dilestarikan," kata Wabub Indra Gunawan.

Dikatakannya lagi dalam menyambut bulan Suci Ramadhan ini, Potang Bolimau menjadi momen berbagi dengan sesama yaitu menyantuni anak yatim.

"Perlunya menjaga kondusifitas selama menjalankan ibadah puasa, dengan mengajak seluruh masyarakat untuk saling menghormati dan yang terpenting saling menghargai walaupun berbeda keyakinan dengan kita," harapnya.

Di penghujung acara ditutup dengan lantunan sholawat yang mengalun merdu, menciptakan suasana yang khusyuk dan penuh kedamaian. Sekaligus para tamu undangan saling bermaafan menjelang memasuki bulan Suci Ramadhan dengan tetap saling bersilaturahim. (rls/ary)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar