Pendaki, masyarakat, wisatawan dilarang melakukan kegiatan dalam radius 4.5 km dari pusat erupsi

Gunung Marapi Sumbar Erupsi Lagi, Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

Di Baca : 755 Kali
Letusan Gunung Marapi Sumbar Kamis (28/3/2024) pukul 03:20 WIB.(Sumber foto: PVMBG)

Bukittinggi, Detak Indonesia--Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya dengan erupsi yang terjadi. Aktivitas gunung Marapi terjadi letusan sebanyak 5 dan 13 hembusan pada Rabu, (27/3/2024), erupsi pertama tercatat pada pukul 00.13 WIB dini hari dengan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari PhD melaporkan, aktivitas gunung Marapi pada Kamis (28/3/2024) tercatat terjadi 1 letusan dengan 51 hembusan. Letusan tersebut disertai dengan suara gemuruh dan hujan abu tipis di beberapa wilayah di sekitar gunung, seperti di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Bukittinggi.

Berdasarkan informasi dari laporan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Marapi dengan Level III (Siaga).

Terjadinya erupsi dan arah angin letusan menyebabkan sejumlah penerbangan dibatalkan, pihak bandara Minangkabau mengeluarkan pemberitahuan untuk operasional Bandara Minangkabu ditutup sementara dari pukul 10.21 WIB.

Letusan Gunung Marapi Sumbar Rabu (27/3/2024) pukul 00:13 WIB. (Sumber foto: PVMBG)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar