PEMBENTUKAN PPWK SIAK

Sarana Kuatkan Wawasan Kebangsaan

Di Baca : 2576 Kali
Rapat pembentukan pusat pendidikan wawasan kebangsaan (PPWK) dipimpin langsung Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkab Siak Zulkifli di Ruang Rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Siak, Riau Rabu (28/3/2018).

Siak Sri Indrapura, Detak Indonesia--Pemkab Siak mengadakan rapat pembentukan pusat pendidikan wawasan kebangsaan (PPWK) yang dipimpin langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Zulkifli di Ruang Rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Siak, Riau Rabu (28/3/2018).

Pelaksanaan rapat tersebut berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 tahun 2012, tentang pedoman pendidikan wawasan kebangsaan menyatakan pembentukan pendidikan wawasan kebangsaan ditetapkan dengan keputusan kepala daerah.

Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Zulkifli menyebutkan, Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) merupakan sarana untuk menguatkan wawasan kebangsaan yang merupakan bagian dari program strategis nasional. 

Di mana tugas dan tanggung jawab pengurus organisasi pusat pendidikan wawasan kebangsaan adalah membantu kepala daerah dalam merumuskan kebijakan pembinaan pendidikan wawasan kebangsaan, dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan serta memberikan konsultasi dan koordinasi berkaitan dengan program kerja kepada masyarakat dan dunia usaha.

"Meski Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) sudah ada sejak tahun 2012, namun di Kabupaten Siak baru di bentuk tahun 2018 ini, saya berharap kepada pengurus organisasi PPWK agar dapat berkoordinasi dengan baik. Sementara itu, untuk Kabupaten Siak sendiri Ketua PPWK terpilih adalah Sekda Siak T Said Hamzah dan Wakil ketuanya Kepala Kantor Kesbangpol," sebutnya.

Hal yang sama juga di ungkapkan oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Siak Hasmizal, Ia mengatakan PPWK dibentuk dalam rangka menyikapi situasi sekarang, dimana kita sebagai warga Indonesia agar mencintai dan menjaga keutuhan NKRI.

Selain itu, Kepala Bagian Operasional Polres Siak menyarankan agar pendidikan wawasan kebangsaan ini  dapat dipelajari dan dimasukkan ke sekolah-sekolah, karena mengingat pendidikan kebangsaan saat ini sudah sedikit dilupakan.

Saran dan masukan juga di ungkapkan oleh Perwira Penghubung Kodim 0303 Bengkalis Mayor Sumarno, Ia mengimbau kepada pengurus PPWK agar saran dan kritik yang sifatnya membangun untuk organisasi ini agar di sampaikan ke forum sehingga apa yang menjadi kekurangan dapat teratasi.

Pada rapat pembentukan PPWK ini juga dibuka forum tanya jawab terkait dengan arah dan pelaksanaan tugas yang akan dilakukan untuk ke depannya.(adifa) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar