KESEHATAN

Terlalu Sering Makan Junk Food Bisa Turunkan Kesuburan Wanita

Di Baca : 2872 Kali
Ilustrasi, foto:Net

Jakarta,Detak Indonesia - Sebuah survei yang dilakukan pada 5.598 wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan cepat saji empat kali dalam seminggu atau lebih bisa memperlambat kehamilan selama satu bulan.

Bahkan penelitian yang ada pada jurnal Human Reproduction dan dipublikasikan oleh Oxford Academic ini mengatakan bahwa mengonsumsi junk food secara berlebihan bisa memperlambat kehamilan hingga satu tahun lamanya.

Beberapa ahli telah menyarankan diet yang tepat untuk mempercepat kehamilan. Namun ada beberapa kendala, salah satunya adalah berdasarkan pada makanan apa saja yang dikomsumsi sebelum masa kehamilan.

Wanita di Australia, Selandia Baru, Inggris dan Irlandia ditanyai tentang apa yang mereka makan sebelum masa kehamilan anak pertama mereka. Bidan diturunkan untuk mengunjungi para wanita hamil saat umur kandungan berkisar 14-16 minggu. Mereka menanyakan seberapa sering mengonsumsi buah, sayuran, dan ikan serta makanan junk food seperti burger, pizza, fried chicken dan makanan ringan dari gerai makanan cepat saji.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi buah kurang dari tiga buah selama sebulan akan membutuhkan waktu setengah bulan lebih lama untuk hamil daripada wanita yang mengomsumsi buah-buahan lebih dari tiga kali atau lebih dalam sehari.

Bagi wanita yang kekurangan asupan buah akan berisiko 12 persen tidak dapat hamil. Sementara 16 persen risiko lebih besar bagi wanita yang mengonsumsi makanan siap saji empat kali atau lebih dalam seminggu.

"Temuan ini menunjukan bahwa mengonsumsi makanan yang berkualitas baik seperti buah dan menimimalkan konsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan tingkat kesuburan dan bisa mempercepat kehamilan," ujar Prof Claire Roberts dari Universitas Adelaide seperti dikutip dari BBC.

 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar