TIPS

Tak Disangka-Sangka, 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Penyakit Jantung

Di Baca : 2746 Kali
Ilustrasi : Net

JAKARTA, Detak Indonesia -- Penyakit jantung bermacam-macam, dari serangan jantung ringan hingga gagal jantung. Penyakit kronis ini memang menakutkan, pasalnya bisa mengancam nyawa seseorang. Memang, kebanyakan penyebab penyakit jantung adalah gaya hidup yang tak sehat. Namun, mungkin Anda tidak menduga ada beberapa hal yang ternyata bisa jadi faktor risiko penyakit jantung. Apa saja?

Berbagai penyebab penyakit jantung yang tak Anda duga
Adanya masalah dengan otot jantung, katup, atau bagaimana denyut jantung Anda dapat menjadi penyebab penyakit jantung seperti kardiomiopati, fibrilasi atrium, aritmia dan gagal jantung. Penyakit jantung bisa juga menyebabkan pengerasan pembuluh darah dan stroke.
Selain itu, gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, dan merokok juga sering menjadi penyebab penyakit jantung. Tekanan darah tinggi, infeksi jantung, atau kelainan jantung bawaan juga bisa menjadi penyebabnya.

Namun, ada penyebab lain yang mungkin tidak pernah Anda duga. Berikut penyebab penyakit jantung lainnya.

1. Mobil, pesawat, dan kereta
bau mobil baru

Tingkat kebisingan suara bisa memengaruhi kesehatan jantung Anda. Mulai dari sekitar 50 desibel, yang setara dengan suara obrolan dan kebisingan lalu lintas dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan kemungkinan gagal jantung.
Untuk setiap peningkatan 10 desibel, kemungkinan penyakit jantung dan stroke Anda juga akan meningkat. Hal ini mungkin terkait dengan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap stres.

2. Jumlah anak yang dimiliki

Wanita yang hamil lebih dari satu kali memiliki peningkatan risiko atrial fibrilasi, atau disebut juga sebagai a-fib. A-fib adalah detak jantung yang tidak teratur sehingga dapat menyebabkan pembekuan darah, stroke, dan komplikasi lainnya.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita yang hamil empat kali atau lebih mengalami peningkatan 30-50 persen mengalami a-fib dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah hamil.

Selama kehamilan, jantung semakin membesar, hormon tidak seimbang, dan sistem kekebalan tubuh meningkat. Hal tersebut dianggap sebagai pemicu dari penyakit jantung. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan keduanya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar