SEDANG BONGKAR MUAT DI PELABUHAN PERAWANG

KM Hilir Mas Tabrak KM Teluk Bintuni

Di Baca : 5428 Kali
Foto net

Perawang, Detak Indonesia--Tabrakan Kapal Motor (KM) terjadi di pelabuhan Perawang, Riau pada Rabu (30/5/2018). KM Teluk Bintuni, kapal milik PT SPIL yang sedang bersandar untuk bongkar muat di pelabuhan milik PT Pelindo II itu dihantam oleh KM Hilir Mas, milik PT Tempuran Mas Tbk.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian, peristiwa naas ini terjadi pada sekitar pukul 16.45 WIB. Akibat tabrakan itu KM Teluk Bintuni mengalami kerusakan di sejumlah bagian.

Di antaranya lambung deformasi dan cat tergores sepanjang 9 meter, bolder di main deck bay 21 bagian kiri peyot, railing haluan kiri rusak sepanjang 3 meter, jangkar penyot dan terdapat indikasi kerusakan di bawah air maupun berbagai kerusakan lain yang masih dalam pemeriksaan.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Perawang Brenhard mengatakan, tabrakan itu membuat KM Teluk Bintuni mengalami kerusakan. Ini masih dalam penyelidikan," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (2/6/2018). 

Dia mengungkapkan KM Teluk Bintuni dan KM Hilir Mas sedang melakukan investigasi dan kedua perusahaan tersebut diminta untuk menyelesaikan masalah ini sebelum diperbolehkan berangkat.

Berdasarkan berita acara kejadian yang ditandatangani oleh Nakoda KM Hilir Mas, Capten Syamsuriyadi Sarimin dan Nakoda KM Teluk Bintuni Capten Jhonny Turnondo, semua kerusakan kapal akan menjadi tanggung jawab penuh pihak PT Tempuran Emas Tbk. 

Kepala Cabang PT SPIL, Royan ketika dikonfirmasi, menyebutkan bahwa  pihak PT Tempuran Emas belum bersedia menerima nominal ganti rugi yang diajukan dan masalah ini akan terus merugikan kedua belah pihak dengan adanya keterlambatan kapal.

"Hal ini bukan peristiwa pertama, sehari sebelumnya di Makasar KM Gulf Mas yang dimiliki PT Tempuran Mas juga menabrak KM Bali Kuta milik PT SPIL", tambah Royan.(azf) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar