MUSIM LIBURAN INI

Tempat Wisata Alam Mangrove Terbaik, Ada di Kampung Rawa Mekar Jaya

Di Baca : 7536 Kali
Kampung Rawa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Apit terdapat wisata alam hutan Mangrove yang layak untuk di kunjungi.

Sarana perahu juga disediakan untuk pengunjung yang ingin mengitari hutan mangrove melalui jalur air. Biasanya kawasan wisata bakau ramai di datangi setiap musim liburan anak sekolah dan libur lebaran masyarakat baik lokal dan juga luar kabupaten mendatangi lokasi wisata hutan mangrove ini.

"Sebagai daerah konservasi kami saat ini terus melakukan penanaman bakau, hampir 18 ribu batang lebih yang sudah kami tanam. Kami juga menyiapkan fasilitas umum seperti jembatan kayu yang sudah dibangun sepanjang 1 kilo meter, pembangunan tempat swafoto (selfie), parkir dan rumah-rumah tempat istirahat bagi para pengunjung, sebagai penunjang fasilitas objek wisata," terang Setiono.

Ditambahkan Setiono lagi,kegiatan wisata di area hutan mangrove disamping mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar dengan menyediakan lapangan pekerjaan dan kesempatan usaha di sekitar area ekosistem hutan dan ekosistem pantai, juga mampu menjaga keseimbangan lingkungan dan ekosistem hutan, khususnya hutan mangrove. Sejak dicanangkan oleh Pemkab Siak hutan bakau Kampung Rawang Mekar Jaya, sebagai daerah konservasi dan objek wisata edukasi, sudah banyak mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Pekanbaru yang melakukan penelitian dan berwisata ke tempat ini.

"Alhamdulillah, dengan adanya tamu dan pengunjung datang kesini, daerah kami menjadi di kenal orang, sangat banyak manfaat melestarikan hutan bakau ini, selain menjaga keseimbangan alam, juga dapat mendatangkan nilai ekonomi bagi warga setempat," pungkasnya.

Namun yang menjadi kendala saat ini adalah akses jalan menuju lokasi objek wisata bakau sangat memprihatinkan yang disebapkan rusak harapannya, ini menjadi perhatian Pemkab Siak agar segera diperbaiki. Sehingga untuk ke lokasi wisata dapat di tempuh dangan waktu singkat. 

Hutan bakau ini terdapat 17 jenis batang mangrove (bakau) di antaranya, Bakau Puteh, Kedabu, Tembusing, Api-api putih. Sedangkan hewan khas terdapat 10 jenis burung, sedangkan ikan terdapat 11 jenis, dan sembilan jenis siput hutan bakau. flora dan fauna yang ada di hutan bakau ini senantiasa terjaga dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab," kata Setiono.(adifa) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar