BULAN BERWARNA KEMERAHAN

Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Menakjubkan !

Di Baca : 4899 Kali
Gerhana bulan total Sabtu dinihari tadi (28/7/2018) bulan terlihat kemerahan sungguh menakjubkan. Umat Islam disunatkan agar melaksanakan salat gerhana. (foto net)

Jakarta, Detak Indonesia--Gerhana Bulan terakhir yang dapat diamati tahun 2018 ini adalah Gerhana Bulan Total Sabtu dinihari 28 Juli 2018 sekira pukul 01.24 WIB. Gerhana bulan total ini cukup menakjubkan.

Menurut Kabag Humas LAPAN Ir Jasyanto MM, uniknya, gerhana bulan tersebut akan menjadi gerhana bulan dengan durasi gerhana total terlama dalam abad ke-21, yaitu selama 1 jam 43 menit. Hal ini dapat disebabkan karena lintasan Bulan hampir mendekati garis tengah lingkaran bayangan gelap (umbra) Bumi pada saat itu. Sehingga Bulan akan berada dalam bayangan tersebut dalam waktu yang relatif lebih lama. 

Selain itu, jarak Bumi-Bulan juga berpengaruh, lintasan Bulan mengelilingi Bumi tidaklah lingkaran sempurna, tetapi berbentuk sedikit lonjong. Sehingga ada kalanya Bulan berada dekat dengan Bumi dan ada kalanya Bulan berada lebih jauh dari Bumi. Saat 27 Juli 2018, Bulan akan berada di titik terjauhnya dari Bumi (apoge).  






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar