KADISDUKCAPIL KABUPATEN SERANG BERI KLARIFIKASI

Wow, Ribuan KTP Ditemukan di Semak-semak !

Di Baca : 3421 Kali
Ribuan KTP ditemukan di tempat pembuangan sampah dan semak-semak di Kabupaten Serang, Banten, Senin (10/9/2018). (Foto ist)

Serang Banten Detak Indonesia--Menyikapi penemuan kepingan KTP elektronik (KTP-el) di Kampung Tarikolot RT 03/RW 02, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, pihak Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Ka uoaten Serang Banten menyampaikan klarifikasi/penjelasan.

Menurut Asep Saepudin Mustafa selaku Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang bahwa pertama, pihaknya mendapatkan laporan pada Senin (10/9/2018), dan Kadisdukcapil Serang bersama Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Serang Bapak Jajang KH langsung ke Koramil Cikande tempat barang-barang tersebut diamankan. Menurut informasi, barang-barang tersebut ditemukan warga di tempat pembuangan sampah dan semak belukar, kemudian diamankan dan diserahkan ke Koramil Cikande.

Total terdata sebanyak 2.910 keping KTP dan 9 kartu keluarga (KK). Sebanyak 2.910 keping tersebut terdiri di antaranya 513 KTP manual (KTP lama bukan KTP-el), dan 111 KTP-el rusak secara fisik. 

Diadukcapil Serang melakukan uji data dengan alat pembaca (reader) terhadap 4 KTP-el dan 9 kartu keluarga. Semua sudah tidak berlaku (tidak aktif) atau KTP-el dan KK yang tidak digunakan karena telah dilakukan pergantian akibat perubahan data penduduk yang bersangkutan. Misalnya, atas nama Asan, melakukan pergantian fisik KTP-el karena mengubah jenis pekerjaan dari wiraswasta menjadi kepala desa. Atas nama Suharyati, melakukan pergantian fisik KTP-el karena mengubah status perkawinan. Kemudian untuk KK, misalnya atas nama Basar, kepala keluarga, melakukan pergantian karena pembaharuan KK dari tanda tangan camat menjadi tanda tangan kepala Disdukcapil Kabupaten Serang sesuai amanat Undang-Undang. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar