DIGUYUR HUJAN

Banjir Longsor Landa Pacitan, 4 Tewas dan 236 Mengungsi

Di Baca : 1377 Kali
Foto Humas BNPB

Pacitan, Detak Indonesia--Hujan lebat yang melanda wilayah Pacitan Provinsi Jawa Timur sehingga menyebabkan banjir dan longsor. Berikut laporan BPBD kepada Posko BNPB.

1. Pada hari Jumat, 7 Desember 2018 pukul 20.30 WIB telah terjadi Banjir dan Longsor di wilayah Kabupaten Pacitan, sejumlah 236 jiwa mengungsi dan 4 (empat) jiwa dinyatakan hilang.

Kronologi kejadian sore hari terjadi hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan.

Pukul 20.30 WIB, air sungai meluap akibat tidak mampu menampung debit air dan mulai masuk ke pemukiman warga di Desa Purwoasri, Desa Kayen, Desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung Kabuoaten Pacitan dengan ketinggian air antara 30 - 50 Cm.

Terdampak banjir :
a.Dusun Jelok, Desa Kayen, Kecamatan Kebonagung, pengungsi di Rumah Warga (217 jiwa)
b. Dusun Wetih, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, pengungsi di Rumah Warga (4 jiwa)
c. Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, pengungsi di Rumah Warga (3 jiwa)
d. Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, pengungsi di Balai Desa Sidomulyo (12 jiwa)

Terdampak Longsor terdapat 4 (empat) jiwa saat ini masih tertimbun longsor. Saat ini masih dilakukan proses evakuasi oleh Tim dari Basarnas. Lokasi pencarian dilakukan di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, adapun identitas warga yang hilang adalah :
a. Misgiman (L/62)
b. Sogirah (P/46)
c. Bogiyem (P/72)
d. Katinem (P/58)

Penanganan Darurat BPBD Pacitan menjadi komando untuk melakukan upaya darurat bersama TNI, Polri, Basarnas, Babinsa Babinkamtibmas, Tagana, Dinkes, Dinsos, Banser, potensi SAR dan relawan untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir dan longsor. Lebih dari 200 personel terlibat penanganan.

Kegiatan BPBD Provinsi Jatim sesuai arahan Bapak Gubernur, Kalaksa BPBD Provinsi Jatim segera menuju lokasi ke Kabuoaten Pacitan mengirimkan bantuan berupa :
- Personil Tim Reaksi Cepat BPBD 10 orang
- Makanan siap saji 300 kaleng
- Glangsing 2.000 lembar
- Alat kebersihan
- Baju layak pakai
- Beras
- Mie Instan(*/di/jui)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar