Loading...
Untuk Pasien BPJS Kelas 3

Lazismu Launching Rumah Singgah Pasien

Di Baca : 113 Kali

Pekanbaru, Detak Indonesia--LAZISMU (Lembaga Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah) Pekanbaru launching RSP (Rumah Singgah Pasien) Perinasia yang bekerja sama dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Provinsi Riau dan Perinasia pada Sabtu 09 Maret 2019 di Jalan Wonosari No. 18, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru.

RSP Perinasia ini diperuntukkan untuk ibu pasca melahirkan yang termasuk ke dalam BPJS kelas 3.

Ketua Badan Pengurus LAZISMU Pekanbaru Hari Siyanto mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima dari beberapa klinik banyak ibu-ibu pasca melahirkan yang tergolong kedalam BPJS kelas 3 dalam tempo tiga hari harus keluar dari rumah sakit sehingga banyak dari pasien yang berdomisili di luar kota Pekanbaru kebingungan mencari rumah singgah.

“Berdasarkan permasalahan yang terkait ibu dan anak yang baru melahirkan salah satunya adalah yang kami temui di klinik-klinik berdasarkan informasi yang ada itu banyak misalnya orang melahirkan baru 3 hari selesai tidak selesai, sembuh nggak sembuh harus keluar lah terus mau dikemanakan? Itu kalau untuk BPJS Kelas 3,” jelasnya saat menyampaikan kata sambutan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Perinasia Ali Sungkar sangat bersyukur bisa berkontribusi dan bekerja sama dengan LAZISMU Pekanbaru untuk kemaslahatan umat yang kesulitan mencari RSP pasca beberapa hari melahirkan dan harus kontrol kembali ke rumah sakit.

“Alhamdulillah Perinasia berkontribusi langsung dibantu oleh LAZISMU Pekanbaru kerjasama yang baik tentu bisa berlanjut untuk kemaslahatan umat jadi bentuk realisasi langsung kebutuhan yang dirasakan oleh umat atau pasien-pasien kita yang belum sempat atau tidak punya tempat tinggal kita bisa menampung,” jelasnya.

Ia juga berharap bisa bekerja sama lagi antara Perinasia dan LAZISMU Pekanbaru untuk membuka RSP yang baru untuk kemaslahatan umat yang kurang mampu.

Mahli Zainudi Sekretaris Badan Pengurus LAZISMU Pusat menyebutkan jika program RSP ini merupakan program yang sangat inovatif sehingga pada acara Rakernas LAZISMU yang dilaksanakan di Jogjakarta LAZISMU Pekanbaru memenangkan LAZISMU Award kategori Pendistribusian Terbaik di program Rumah Singgah Pasien.

“Rumah singgah pasien ini merupakan program yang sangat inovatif  yang menjangkau penerima manfaat langsung karena itu pada Rakernas di Jogjakarta beberapa bulan yang lalu program ini menjadi program unggulan yang mendapatkan LAZISMU Aword," kata Mahli.

Ia berharap LAZISMU Pekanbaru terus menjaga kualitas sehingga kerjasama program RSP  bisa berkelanjutan serta berkesinambungan antara pihak IDI Provinsi Riau dan juga Perinasia sehingga program ini bisa menjadi acuan untuk ditiru oleh LAZISMU di berbagai daerah.

Sementara itu Ketua BAZNAS Provinsi Riau Yurnal Edward mengatakan BAZNAS Provinsi Riau sangat mendukung dan mengapresiasi program-program LAZISMU Pekanbaru serta BAZNAS Provinsi siap menbantu dan bekerja sama dengan LAZISMU Pekanbaru

“Kami dari BAZNAS Provinsi Riau siap mendukung dan juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh LAZISMU Pekanbaru jika ada hal-hal yang perlu di support oleh BAZNAS Provinsi Riau kami siap bekerja sama dengan LAZISMU Pekanbaru," sebutnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru Dede Firmansyah berujar Rumah Singgah Pasien sangat diperlukan bagi masyarakat di luar kota Pekanbaru yang kurang mampu. 

"Semoga terlahir terus RSP - RSP di Kota Pekanbaru oleh LAZISMU Pekanbaru yang sangat membantu pemerintah dan masyarakat mustadh’afin," tutup Dede.(rls)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar