Loading...
Semarak Peringatan Hari Bumi 2019 di Okura

PT PJB PLTU Tenayan Kucurkan Bantuan CSR ke Warga Okura

Di Baca : 357 Kali
Peringatan Hari Bumi 2019 di Kota Pekanbaru Riau dipusatkan di Kelurahan Okura Kecamatan Rumbaipesisir Pekanbaru, Senin (22/4/2019). Sekdako Pekanbaru Drs H M Noer MBS, GM PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Agus Prasetyo Utomo dan rombongan melakukan aksi penanaman mangrove dan tabur 10.000 bibit ikan patin, kaluih, baung di Sungai Siak Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbaipesisir, Pekanbaru, Senin (22/4/2019). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Peringatan Hari Bumi Sedunia (Earth Day) di Pekanbaru Riau diperingati dengan meriah di Taman Bunga Impian Kelurahan Tebingtinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Senin (22/4/2019).

Acara ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Drs H M Noer MBS, General Manager PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) Agus Prasetyo Utomo, Manajer PT PJB PLTU Tenayanraya Pekanbaru Joni, Camat Rumbai Pesisir Pekanbaru Indah Vidya Astuti, dan undangan lainnya.

Aksi bersih-bersih sampah di Sungai Siak memperingati Hari Bumi Sedunia di Pekanbaru Senin (22/4/2019)

Rangkaian acara antara lain diisi dengan aksi bersih-bersih sampah di DAS Sungai Siak, penanaman pohon mangrove air tawar, penaburan 10.000 ekor bibit ikan di Sungai Siak, Lomba Final Pacu Sampan yang dimenangkan Pemuda Okura, dan penyerahan bantuan CSR kepada Kelurahan Okura yang diterima oleh Ketua Pemuda Okura Sutiman.

Menurut GM PJB Agus Prasetyo Utomo dalam sambutannya bahwa acara Peringatan Hari Bumi di Kelurahan Wisata Okura Pekanbaru Riau antara lain kegiatan pembersihan sampah plastik di sekitar DAS Sungai Siak Pekanbaru, penanaman pohon bakau air tawar dan penaburan 10.000 bibit ikan endemik Sungai Siak. Acara aksi bersih-bersih lingkungan, lomba sampan sudah dimulai sejak Minggu (21/4/2019) dan puncak acara Senin (22/4/2019).

Sekdako Pekanbaru Drs H M Noer MBS

Disebutkan PT PJB PLTU Tenayanraya Pekanbaru juga telah membantu sejumlah fasilitas wisata masyarakat Okura dalam rangka bantuan CSR. Manajemen PLTU Tenayanraya ke depannya menurut Agus Prasetyo Utomo akan membantu program CSR ke Desa Wisata Okura Pekanbaru ini. Agus mengimbau warga agar jangan menangkap ikan menggunakan racun, jangan buang sampah plastik sembarangan.

Aksi Bersih-bersih lingkungan, penanaman pohon bakau air tawar dan penyebaran bibit ikan 10.000 ekor di Sungai Siak meliputi bibit ikan patin, kaluih, dan baung.

Indahnya Taman Bunga Impian Okura Pekanbaru, lokasi wisata baru di pinggir Sungai Siak mulai ramai dikunjungi wisatawan pada hari Sabtu dan minggu atau hari libur lainnya.

Sementara Sekdako Pekanbaru Drs H M Noer MBS dalam sambutannnya menegaskan atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru mengucapkan terima kasih kepada PT PJB PLTU Tenayanraya yang telah menyelenggarakan acara Peringatan Hari Bumi di Kelurahan Okura sebagai desa binaan.

PJB PLTU Tenayanraya telah berjanji akan memberi bantuan selanjutnya. Masyarakat Okura diminta jangan apatis dan agar mendukung kegiatan seperti ini agar bisa berkembang, mendunia. Agar orang atau wisatawan yang datang kesini mendapat kesan yang baik, jangan wisatawan terkesan tidak baik.

General Manager PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) Agus Prasetyo Utomo

"Berikan yang terbaik kepada pengunjung wisata Okura ini. Saya ingatkan siapa saja yang tinggal di sini agar memberikan yang terbaik kepada wisatawan yang datang ke objek wisata Okura ini. Jadi apa yang digagas Pak Muslim yang mengembangkan lokasi wisata Okura ini agar sama-sama didukung dan dikembangkan," kata Sekdako Pekanbaru Drs H M Noer MBS.

"Saya ada pergi ke tempat lain ada 14 jam terbang di atas pesawat lihat lokasi wisata, tapi kondisi lokasi wisata kita juga jauh lebih baik dari lokasi lain. Mereka hanya dilengkapi fasilitas jalan yang baik. Tapi fasilitas jalan kita juga sedang menuju pembangunan yang baik," kata M Noer.

Menurut M Noer, dengan akan dibangunnya saja jembatan Siak V di Sungai Siak Kelurahan Okura ini harga tanah di Okura ini mulai naik. Tahun 2019 ini sudah ada gambar detail engineering design (DED) Jembatan Siak V di atas Sungai Siak di Kelurahan Okura ini dan 2019 atau 2020 akan dibangun fisik jembatannya. 

"Anggaran sudah diajukan ke pusat. Jembatan Siak V nantinya menghubungkan lintas timur ke arah utara Tol Pekanbaru-Dumai, kendaraan dari Pulau Jawa di lintas timur Pelalawan masuk Jembatan Siak V Okura bisa menuju ke Tol Pekanbaru-Dumai. Titik jembatannya ada di Okura ini lewat Jalan 70 meter PLTU Tenayanraya Pekanbaru," kata Sekdako Pekanbaru M Noer MBS.

Sekdako Pekanbaru Drs H M Noer MBS dan GM PT PJB Agus Prasetyo Utomo meresmikan juga wisata berkuda di Taman Bunga Impian Okura Pekanbaru. Satu kali tunggangan wisata berkuda ini sejauh 500-800 meter dipatok Rp30.000/orang.

M Noer juga minta warga Okura jangan apatis misalnya Pemerintah bangun jalan yang lebar dan bagus di Okura ini jangan pula warga Okura bilang untuk siapa jalan bagus ini dibangun. 

"Paling untuk keuntungan orang tertentu, jangan beranggapan begini. Jalan bagus dibangun di Okura ini adalah untuk kepentingan semua masyarakat. Bahwa Okura ini adalah pusat pariwisata dan pembangunan. Bukti nyata Pemko Pekanbaru serius perhatikan pembangunan di Okura ini, bahwa kami Pemko sudah berkantor di Tenayanraya seberang Kelurahan Okura ini. Ini bukan cerita kosong, ini akan direalisasikan. Selamat melaksanakan Peringatan Hari Bumi di Okura ini," tutup Sekdako Drs H M Noer MBS.(azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar