Loading...
Musrenbangnas di Jakarta

Pembangunan Daerah Diarahkan Sesuai Prioritas Rencana Pembangunan Nasional 

Di Baca : 289 Kali
Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah menghadiri Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020, di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Jakarta, Detak Indonesia--Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah menghadiri Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020, yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis pagi (9/5/2019).

Musrenbangnas yang digelar pada tahun pertama pelaksanaan RPJMN 2020-2045 itu, mengangkat tema "Peningkatan SDM untuk Dorong Pertumbuhan Berkualitas" dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Turut hadir pada acara itu Wakil Presiden, Menko Maritim, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta menteri Koordinator Perekonomian RI.

Sekda Siak T S Hamzah usai menghadiri kegiatan menyebut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menekankan, pembangunan nasional akan diarahkan sesuai lima prioritas nasional dalam RKP Tahun 2020.

"Pertama, pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan. Kedua, infrastruktur dan pemerataan wilayah. Kepala daerah diminta mengembangkan dan menyambung jalan tol yang dibangun ke titik-titik ekonomi seperti industri, wisata dan sentra sentra ekonomi lainnya," kata Hamzah.

Poin ketiga kata dia, peningkatan nilai tambah sektor riil dan industrialisasi, serta memperluas kesempatan kerja. Keempat peningkatan ketahanan pangan, air, energi, dan lingkungan hidup, serta ke lima stabilitas pertahanan dan keamanan.

"Untuk mencapai target pembangunan itu diperlukan kerjasama dan sinergi semua unsur pemerintahan. Namun sarana penunjangnya seperti infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah" jelas Hamzah.

Ia menambahkan, pemerintah pusat melalui Kementerian PPN Bappenas menekankan kunci untuk merealisasikan lima prioritas tersebut adalah dengan membentuk ekosistem yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas, berdaya saing, terdidik, dan berkarakter.

"Dalam peningkatan Sumber Sumber Daya Manusia (SDM) kita telah memberikan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi terkemuka baik tingkat nasional maupun luar negeri," sebutnya.(*/adifa)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar