lebih dari 1.916 orang tewas akibat kecelakaan 

Toyota Gerakkan Program CSR Keselamatan Berlalulintas di Danau Toba

Di Baca : 3226 Kali
Bapak Jeffri Lianto, Manager CSR Department PT Toyota-Astra Motor (ketiga dari kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan cermin cembung dari Toyota kepada Bapak Hotden Naibaho, Kasi Lalu Lintas dan Angkutan, BPTD Wilayah II Sumatera Utara, Dirjen Perhubun

“Pemasangan Cermin Cembung Diharapkan Mampu Kurangi Angka Kecelakaan Lalu Lintas”

Danau Toba, Detak Indonesia--Toyota tidak hanya memiliki komitmen penuh pada pengembangan bisnis yang baik dan sehat, namun juga memiliki kepedulian dalam perbaikan masyarakat dan lingkungan demi membangun Indonesia yang lebih baik.

Hal itu sejalan dengan komitmen aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) Toyota Indonesia yang berlandaskan pada empat pilar, yaitu bidang lingkungan, pendidikan, keselamatan berkendara, dan pengembangan masyarakat/komunitas.

Khusus di bidang keselamatan berkendara, komitmen Toyota untuk terus memperluas cakupan kegiatan CSR di bidang keselamatan berkendara kembali diwujudkan melalui pemasangan cermin cembung untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di area Danau Toba, Sumatera Utara.

Hari Kamis (10/10/2019), acara peresmian secara simbolis dilaksanakan di Jalan Siborong-Borong Parapat, Sumatera Utara, dan dihadiri oleh perwakilan dari Toyota-Astra Motor, Pemerintah Daerah, Dinas Perhubungan Daerah, serta dihadiri oleh komunitas pemilik kendaraan Kijang Innova, Avanza, dan Yaris.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Dinas Perhubungan Daerah Sumatera Utara, angka kecelakaan lalu lintas di provinsi tersebut tergolong tinggi, yaitu mencapai lebih dari 1.916 orang tewas akibat kecelakaan sepanjang tahun 2018.

Kecelakaan tersebut salah satunya dikarenakan kurangnya infrastruktur penunjang keselamatan berlalu lintas, seperti pemasangan cermin cembung di jalan raya. Hal inilah yang mendorong Toyota untuk melakukan aktivitas Safety Feature Campaign di wilayah tersebut.

Ada tiga area spesifik di Danau Toba yang dipasangi cermin cembung, yaitu Siantar –Tarutung karena daerah itu rawan longsor dan berkabut, serta kondisi jalanan yang naik turun, jalan sepanjang Simpangtele – Pangururan yang jalurnya banyak melalui perbukitan, tikungan naik turun di dekat permukiman warga, serta jalan sepanjang Pancur Batu – Berastagi – Sidikalang dengan kondisi jalanan melalui perbukitan dengan banyak kabut yang dapat mengganggu jarak pandang.

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota sebagai perusahaan otomotif sangat peduli akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya, sehingga Toyota bersama-sama komunitas pengguna kendaraan Toyota selalu konsisten melaksanakan berbagai program Safety Driving.

“Pemasangan cermin cembung di area Danau Toba, Sumatera Utara ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya,” kata Henry.

“Avanza Tourism Support Program”

Bertolak dari komitmen CSR Toyota yang ingin berkontribusi untuk lingkungan dan masyarakat Indonesia yang lebih baik, pada tahun 2019 ini Toyota-Astra Motor dan jaringan outlet resminya memperkenalkan program CSR bernama “Avanza Tourism Support Program”, dengan menyisihkan sebagian profit penjualan Avanza dan Veloz untuk membantu pengembangan beberapa daerah tujuan wisata di Indonesia.

Di awal tahun 2019 ini, New Avanza diluncurkan dengan tagline “A Part of Indonesia Greatness”, di mana Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis tetapi juga bertekad untuk tumbuh bersama bangsa Indonesia melalui berbagai program CSR.

Di lain pihak, Pemerintah juga tengah mengembangkan 10 destinasi wisata baru yang dikenal sebagai “New Bali” untuk mendorong pariwisata. Ke-10 destinasi wisata itu adalah Danau Toba - Sumatera Utara, Mandalika – Lombok - Nusa Tenggara Barat, Tanjung Lesung - Banten, Wakatobi - Sulawesi Tenggara, Borobudur – Jawa Tengah, Bromo – Jawa Timur, Kepulauan Seribu – Jakarta, Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, Tanjung Kelayang – Belitung, serta Morotai – Maluku Utara.

Berdasarkan riset, masing-masing destinasi wisata tersebut mempunyai masalah yang berbeda-beda, seperti masalah lingkungan berupa sampah, pengembangan sumber daya manusia, kurangnya infrastruktur pendukung di bidang keselamatan berlalu lintas, maupun masalah energi (listrik).

“Sejalan dengan pilar CSR Toyota Indonesia, melalui program Avanza Tourism Support ini kami ingin ambil bagian dalam meringankan masalah lingkungan dan masyarakat. Khusus di daerah Danau Toba, kami fokus pada Safety Features Campaign dengan adanya pemasangan cermin cembung guna menurunkan angka kecelakaan di jalan raya,” ujar Darmawan Widjaja, Direktur Toyota-Astra Motor.(*/rls/adifa)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar