Loading...
Jadilah Pengendara Pelopor keselamatan

Meningkatkan Kepedulian Masyarakat, Patuh & Sadar Hukum Saat Berkendara

Di Baca : 1443 Kali
Salah satu mahasiswa itu mendapat hingga dari Polantas Polwan sebagai bukti peduli Polantas Polda Riau Peduli Keselamatan Masyarakat.

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Dalam rangka menekan angka laka lantas sert meningkatkan kesadaran masyarakat saat aktifitas berkendara, baik mobil maupun pengendara sepeda motor. Sat Pjr Ditlantas Polda Riau telah melaksanakan kegiatan Gakum Simpatik Humanis yang di gelar di Kawasan Tertib Lalu Lintas tepatnya di Kawasan MTQ di Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru, Riau. 

"Kita akan terus melaksanakan giat Gakum Simpatik Humanis ini guna menekan angka kecelakaan serta meningkatkan kesadaran masyarakat saat berkendara," ucap AKBP Indra, Sabtu 12 Oktober 2019. 

Tampak terlihat beberapa personel menghentikan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor dan memberikan arahan kepada semua pengendara yang terjaring dan menyampaikan dampak bahaya yang terjadi jika tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara sambari menggunakan Telp gemgam.

"Ya mas, kita akan berikan pemahaman kepada pengendara yang melanggar agar mengerti kesalahan nya. Kemudian kita sampaikan juga akibat dari kesalahannya. Bilamana si pengendara itu faham, penegakkan hukum tetap berjalan sesuai kesalahan pengendara itu" tutur kasat PJR Ditlantas Polda Riau.

Sementara itu, salah satu pengendara roda dua juga berhasil terjaring karena tidak menggunakan helm, setelah diberikan pemahaman akibat kelalaian nya, sipengendara merasa malu dan berjanji tidak mengulangi nya lagi, meskipun di tilang karena kesalahan si pengendara itu mengucapkan terimakasih. 

"Saya dari kos mas mau ke kampus, karena buru-buru jadi saya lupa pakai helm, Insya Allah besok saya tak buat lagi," ucap salah satu mahasiswa itu kepada awak media. 

Saat di tanyai awak media PJR kesal atau tidak saat di tilang, malah pengendara sepeda motor itu mengucapkan terimakasih karena telah sadar apa yang Ia perbuat. 

"Saya jadi malu mas, kami di kasih pencerahan tentang bahaya tak pakai helm, di kasih Air mineral botol buat minum, karna kami sadar bahwa itu kesalagan kami, kemudian Kakak Polwan itu juga kasih kami bunga sebagai bukti cinta Polantas kepada masyarakat" pungkasnya. 

Saat di tanya apa pesan dan kesan nya saat di tilang, kedua mahasiswa tersebut berjanji tidak akan melakukan kesalahan lagi, dan bahkan Ia menghimbau kepada masyarakat agar sebelum beraktifitas berkendara utamakan sefty, lengkapi surat diri dan surat kendaraan serta perlengkapan berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas. 

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas, sebelum aktifitas berkendara terlebih dahulu lengkapi surat diri dan surat kendaraan, perlengkapan dan gunakan helm SNI, agar kita selamat sampai tujuan" himbau kedua mahasiswa itu.

- Lebih lanjut, Ops Gakum Simpatik Humanis Kasat Pjr Ditlantas Polda Riau AKBP Indra menjelaskan.

"Sasaran kita yang utama menanamkan kepedulian, kesadaran diri masyarakat dalam tertib berlalu lintas, bilamana masyarakat itu menyadari kesalahannya tentu tidak akan berbuat kembali kesalahan yang berikutnya, kita berharap masyarakat yang terjaring dalam operasi Gakum Simpatik Humanis ini bisa jadi Pelopor Keselamatan baik diri sendiri, keluarga serta lingkungannya" tutup AKBP Indra kepada awak Media Sat PJR. (Adifa)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar