Loading...
KEMBANG API AKAN TERANGI ANGKASA

Malam Nanti Puncak Perayaan Imlek di Pekanbaru

Di Baca : 820 Kali
foto istimewa

Pekanbaru, Detak Indonesia--Jumat malam nanti (24/1/2020) mulai pukul 22.00 hingga pukul 00.00 WIB adalah puncak Perayaan Imlek 2571/2020 yang diselenggarakan di Jalan Dr Leimena/Jalan Karet Pekanbaru, Riau.

Diperkirakan ribuan masyarakat akan tumpah ruah di kawasan tersebut. Apalagi detik-detik pergantian tahun Tikus Logam 2571/2020 pesta kembang api yang spektakuler dan menakjubkan akan membelah angkasa Kota Pekanbaru malam nanti.

Jumat malam nanti juga mulai pukul 19.00 WIB diperkirakan masyarakat sudah ribuan datang untuk berpose foto selfie di bawah temaram dan gemerlap 1.088 lampu lampion di kawasan wisata tersebut.

Panitia media Perayaan Imlek tahun ini Ket Tjing kepada wartawan Jumat tadi (24/1/2020) menjelaskan kegiatan hari ini bagi warga Tionghoa yag masih mengikuti tradisi budaya adalah melaksanakan sembahyang kepada para leluhur atau orangtuanya yang telah wafat di altar rumah masing-masing.

Hal tersebut sesuai pepatah Tionghoa, ketika minum air ingatlah sumbernya. 

"Maksudnya kita ada di dunia ini karena adanya budi orangtua dan leluhur kita," kata Ket Tjing.

Selain itu, umumnya hari ini sibuk persiapan akhir menyambut tahun baru Imlek (Hokkian : sincia), seperti memasang pernak-pernik Imlek, menyiapkan kue-kue dan minuman untuk kerabat dan tamu yang akan berkunjung masak makanan untuk makan malam bersama keluarga tapi  di kota-kota besar umumnya makan di restoran atau hotel.

Setelah itu, malam Chuxi ini yaitu sebelum pergantian tahun, melaksanakan ritual dan syukuran tahun yang berlalu dan berdoa menyongsong tahun baru dengan harapan-harapan yang baik. Ritual tersebut dapat digelar di rumah masing-masing (dialek Hokkian : pai thikong, sujud sembah (puja) kepada Tuhan YME) maupun ke tempat ibadah sesuai keyakinan masing-masing.

Untuk acara detik-detik tahun baru Imlek, menyambut tahun tikus logam di Jalan Karet-'Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru' panitia telah mendapatkan dukungan dari para sponsor puluhan kotak kembang api yang akan dinyalakan dan dilepas ke angkasa. Terbuka untuk umum.(*/azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar