TINGKATKAN FREKUENSI PATROLI KARHUTLA

Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau

Di Baca : 2564 Kali
Presiden Joko Widodo dan rombongan meninjau Posko Karhutla Riau di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan mendapat penjelasan dari Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi tentang dashboard Lancang Kuning, Kamis (20/2/2020). (Foto Staf Biro Pers, Med

Pekanbaru, Detak Indonwsia--Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis, 20 Februari 2020, Presiden Joko Widodo langsung menuju sebuah ruangan yang dijadikan posko untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Di depan tempat Presiden duduk terpampang sebuah dashboard yang berisi beragam informasi terkait penanganan karhutla.

Dalam pemaparannya, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjelaskan bahwa dashboard Lancang Kuning tersebut adalah sistem yang dibangun untuk menangani karhutla secara terukur, terstruktur, dan efisien. Sistem ini menggunakan empat teknologi satelit sebagai alat pengindera untuk mendeteksi titik api, yaitu Noah, Aqua, Terra, dan satelit dari Lapan.

"Dari pemantauan kami dari tanggal 1 Januari sampai sekarang itu ada 786 titik panas (hot spot). Kami sudah menggunakan dashboard untuk menanganinya. Hasil verifikasi kami di lapangan dengan mendatangi langsung titik api di koordinat sebagaimana informasi dari satelit itu, hanya 455 titik api. Alhamdulillah sampai hari ini sudah bisa kita padamkan dan kita akan terus memanfaatkan ini untuk proses pemadamannya," papar Setya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar