Selama 25 tahun berdiri areal PTPN V Riau tidak pernah terbakar

PTPN V Siagakan Puluhan Embung Bantu Satgas Antisipasi Karhutla

Di Baca : 1439 Kali
CEO PTPN V Riau, Jatmiko K Santosa, memeriksa selang peralatan pemadam kebakaran di salah satu unit kebun perusahaan. PTPN V menyatakan kesiapsiagaan menjadi kunci 25 tahun perusahaan perkebunan milik negara tersebut terbebas dari Karhutla. (Foto Humas PT

Pekanbaru, Detak Indonesia--PT Perkebunan Nusantara V Riau menyatakan telah menyiagakan sebanyak 55 embung yang tersebar di seluruh unit perkebunan perusahaan milik negara tersebut sebagai bagian dari upaya membantu pemerintah memerangi kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kuning, Riau. 

"Selama 25 tahun berdiri areal PTPN V Riau tidak pernah terbakar. Kami terus mengendepankan langkah pencegahan, termasuk di antaranya menyiapkan 55 embung dengan beragam ukuran. Ini bisa menjadi sumber air saat dibutuhkan baik oleh internal maupun satgas di luar Perusahaan," kata Chief Executive Officer PTPN V Riau,  Jatmiko K Santosa dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu (23/6/2021). 

Keberadaan embung menjadi vital mengingat salah satu masalah yang kerap dihadapi satuan tugas (Satgas) ketika menghadapi Karhutla adalah minimnya sumber air, baik bagi Satgas darat maupun Satgas udara yang melakukan pemadaman Karhutla menggunakan helikopter pengebom air. 

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau terus mendorong pembangunan sumber-sumber air baru di lokasi rawan Karhutla, baik itu melalui pembuatan sumur bor, sekat kanal, maupun embung-embung air yang masif dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar