Selama 25 tahun berdiri areal PTPN V Riau tidak pernah terbakar

PTPN V Siagakan Puluhan Embung Bantu Satgas Antisipasi Karhutla

Di Baca : 1459 Kali
CEO PTPN V Riau, Jatmiko K Santosa, memeriksa selang peralatan pemadam kebakaran di salah satu unit kebun perusahaan. PTPN V menyatakan kesiapsiagaan menjadi kunci 25 tahun perusahaan perkebunan milik negara tersebut terbebas dari Karhutla. (Foto Humas PT

PTPN V hingga kini tercatat telah memiliki puluhan embung dengan beberapa di antaranya berukuran cukup besar yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air. Embung ini menjadi bagian dari sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan untuk terus dalam kondisi siap dan siaga menghadapi musim kering tiba. 

"Kita semua dalam status siaga, jangan sampai lengah dan terus meningkatkan kewaspadaan agar langit Riau tetap biru tahun ini," ujar Jatmiko yang juga merupakan Ketua GAPKI Riau tersebut.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau kembali memasuki musim kering gelombang paruh kedua pada Juni hingga September 2021 mendatang. Pada Rabu (22/6/2021), Citra Satelit Terra dan Aqua mendeteksi sebanyak lima titik panas atau indikasi Karhutla di Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen. Angka tersebut menurun dibandingkan sehari sebelumnya yang tercatat sebanyak 18 titik panas menyebar di tujuh kabupaten di Provinsi Riau.

Walau BMKG memperkirakan pengaruh La Nina dalam kondisi netral, artinya masih terjadi hujan walau sesaat di beberapa wilayah, Jatmiko mengatakan perusahaan akan terus meningkatkan kewaspadaan mengingat Riau yang berada di perlintasan ekuator memiliki tingkat suhu panas lebih tinggi di saat musim kering tiba. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar