BUAH-BUAHAN ISTIMEWA DAERAH RIAU

Derendan, Duku Manis Khas dari Kabupaten Bengkalis Riau

Di Baca : 6981 Kali
Aktivitas panen buah Derendan di kebun ibu Hayati dan bapak Sopian, Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia, Selasa (07/09/2021). (T. A. Devonny/ DetakIndonesia.co.id) 

Bengkalis, Detak Indonesia--Dendan (Lansium parasiticum) atau biasa disebut dengan "Derendan" oleh masyarakat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Derendan merupakan jenis tanaman buah-buahan yang termasuk ke dalam kelompok keluarga tanaman Duku, Langsat, Rambai, Kokosan, Pisitan, Celoring dan lain-lain dengan berbagai variasinya.

Derendan adalah tanaman buah-buahan khas dari daerah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Tanaman ini mirip dengan tanaman Duku (Lansium domesticum corr) karena termasuk kedalam genus yang sama. Perbedaannya terletak pada morpologis (karakter bentuk) buahnya, dimana buah Derendan memiliki kulit buah yang lebih kasar, kulitnya lebih tipis, kebanyakan kulit buahnya dipenuhi oleh bintik-bintik hitam dan bintik-bintik putih, buahnya lebih besar jika dibandingkan dengan buah Duku.

Buah Derendan ini biasanya banyak ditemukan di daerah Kepulauan Wilayah Riau, seperti  Bengkalis, Selat Panjang dan pulau-pulau di sekitarnya. Rasa buah Derendan ini asam manis, tapi apabila buahnya sudah masak (sudah waktunya untuk dipetik) rasanya manis hampir sama seperti madu.

Panen buah Derendan di kebun ibu Hayati dan bapak Sopian, Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia, Selasa (07/09/2021). (T. A. Devonny/ DetakIndonesia.co.id) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar