12 Konglomerat Penguasa Kelapa Sawit di Indonesia

Harga Minyak Goreng Melonjak Naik !

Di Baca : 1240 Kali

Jakarta, Detak Indonesia--Harga minyak goreng melonjak dalam beberapa waktu terakhir ini dan dikeluhkan masyarakat. Hal ini karena penggunaan sebagai kebutuhan pokok harga minyak goreng mahal. 

Kenaikannya hanya terjadi pada kemasan minyak goreng, namun juga terjadi pada minyak goreng curah yang biasa dijual dalam kemasan plastik tembus pandang di pasaran.

Untuk diketahui, melalui Kementerian Perdagangan sudah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) kemasan minyak goreng Rp11.000 per liter. Namun fakta di lapangan, harga minyak goreng sudah jauh melebihi HET. Di beberapa pasar, harga minyak goreng sudah berada di atas Rp18.000 per liter. Perkebunan kelapa sawit di Indonesia terutama di Sumatera dan Kalimantan. 

Sebagian perkebunan kelapa sawit besar lainnya berada di Sulawesi dan kini juga perlahan mulai banyak merambah Papua. 

Setelah menyalip posisi Malaysia beberapa tahun lalu, Indonesia sendiri kini tercatat menjadi produsen minyak sawit atau CPO terbesar di dunia. 

Tak heran, banyak pemilik perkebunan kelapa sawit adalah para pengusaha yang masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia. Selain memiliki pabrik kelapa sawit sendiri, mereka juga memiliki perkebunan kelapa sawit hingga puluhan ribu hektare, bahkan ratusan ribu hektare. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar