Dasar klaim China di Laut Natuna Utara berdasarkan Nine Dash Line

Peringatan untuk Indonesia, Jaga Laut Natuna Utara, China Punya Kapal Selam yang Sulit Dideteksi !

Di Baca : 1401 Kali

Sumber menuturkan bila setidaknya selama 4 bulan di tahun lalu kapal China kerap kali merambah ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara  dan perairan Malaysia. Saking geramnya dengan gangguan kapal China di perairan Malaysia, pihak Kuala Lumpur sampai memanggil Dubes China untuk Malaysia.

Pemanggilan Dubes China untuk Malaysia itu dilakukan untuk menyampaikan protes Malaysia akan kehadiran kapal China di teritoral jiran Indonesia, Malaysia itu.

Ketegangan China dan Indonesia juga sempat memuncak di 2019 silam. Karena adanya kehadiran kapal  penjaga pantai China di Laut Natuna Utara. Ketegangan Indonesia dan  China di Laut Natuna Utara itu bahkan menurut Al Jazeera hampir konflik militer.

"Pada akhir 2019, dunia hampir menyaksikan konflik militer antara Indonesia vs China sebagai akibat dari praktik terakhir di kawasan ekonomi Pasifik, yang oleh Indonesia disebut Laut Natuna  Utara sementara Beijing  menganggapnya sebagai daerah penangkapan ikan tradisional China. Pada saat yang tepat, pasukan penjaga pantai China mulai merambah ke wilayah tersebut, dan Jakarta tidak menemukan cara selain mengirim kapal perang dan pesawat tempur F-16, dan juga mengundang kapal penangkap ikan Indonesia untuk pindah ke daerah itu, tetapi ketegangan mereda dengan cepat setelah China mundur dari daerah itu, menembusnya," tulis Al Jazeera.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar