di TWA Buluh Cina

Balai Besar KSDA Riau Laksanakan Giat Hari Konservasi Alam Nasional 2022

Di Baca : 261 Kali
Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan memimpin pelepasliaran beberapa satwa yang dilindungi antara lain adalah satu ekor elang jenis brontok (Spizaetus cirrhatus). (Foto Humas BBKSDA Riau)

Buluh Cina, Detak Indonesia--Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022 di TWA Buluh Cina Kabupaten Kampar, Riiau, Rabu 10 Agustus 2022. Adapun kegiatan tersebut adalah lomba fotografi, pelepasliaran satwa dan penanaman bibit pohon. 

Satwa yang dilepasliarkan adalah satu ekor elang jenis brontok (Spizaetus cirrhatus), tiga ekor kura kura dengan jenis masing masing dua ekor kura batok (Cuora amboinensis) dan satu ekor kura kura kaki gajah ((Manouria emys) serta tiga puluh perkutut (Zebra dove) yang seluruhnya adalah merupakan hasil serahan warga.

Pelepasliaran dan penanaman pohon dipimpin langsung Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan. Acara dihadiri oleh Ninik mamak Desa Buluh Cina, Kepala Desa Buluh Cina, Danramil, masyarakat Desa Buluh Cina dan peserta lomba fotografi. 

Adapun peserta fotografi seluruhnya berjumlah 28 orang dari berbagai kalangan dengan tema Taman Wisata Alam Buluh Cina dan Kearifan Lokal.
Adapun jenis bibit yang ditanam adalah Gaharu, Trembesi dan Durian di pinggir Danau Tanjung Putus, salah satu dari tujuh danau yang ada dalam kawasan konservasi TWA Buluh Cina.

Dalam pernyataannya, Genman menyampaikan bahwa serah terima yang dilakukan oleh masyarakat tidak lepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan petugas Balai Besar KSDA Riau di lapangan.

Semoga kegiatan ini dapat membangkitkan semangat memulihkan alam secara bersama untuk masyarakat sejahtera. Salam konservasi. (*/rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar