Dipakati dilaksanakan Haul Masyayikh Thoriqoh setiap tahun secara bergilir

Rapat dan Silaturahmi Perdana Pengurus Idaroh Syu'biyah JATMAN Kabupaten Bengkalis

Di Baca : 479 Kali
Rapat dan silaturahmi perdana Pengurus Idaroh Syu'biyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdhiyyah (JATMAN) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia, Selasa (11/10/2022). (TA Devonny/Detak Indonesia.co.id) 

Bengkalis, Detak Indonesia -- Rapat dan silaturahmi perdana Pengurus Idaroh Syu'biyah Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdhiyyah (JATMAN) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Masa Khidmah 2022 - 2027 M kegiatan dilaksanakan di Sekretariat Yayasan Al Burdah Baa Khaalish 2002, Jalan Bantan, Gang Melati, Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia, Selasa (11/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB sampai selesai. 

Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdhiyyah (JATMAN) merupakan badan otonom yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang beranggotakan tarikat-tarikat muktabarah di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada Juli 1979 M bertepatan dengan Rajab 1399 H. Secara harfiah, JATMAN ini berarti kumpulan para pengamal tarikat muktabarah NU.

Dalam hal struktur, organisasi ini mempunyai kepengurusan di tingkat Pusat (Idaroh Aliyah), Kabupaten atau Kota (Idaroh Syu’biyah), Kecamatan (Idaroh Ghusniyah), dan di tingkat Desa atau Kelurahan (Idaroh Syafiyah).

Tujuan organisasi ini adalah mengusahakan berlakunya syariat Islam lahir dan batin dengan berhaluan Ahlussunnah wal Jama’ah yang berpegang kepada salah satu madzhab empat; mempergiat dan meningkatkan amal saleh lahir dan batin menurut ajaran ulama shalihin dengan suatu janji setia (bai’ah shalihah), menyelenggarakan pengajian (khusus) dan menyebarkan ilmu yang bermanfaat (ulumun nafi’ah).  

Ketua JATMAN Kabupaten Bengkalis, Ahmad Fadhli Inayatullah (Mudir Imdhoiyyah), Idaroh Syu'biyah Bengkalis, mengatakan, alhamdulillah Hirobbil Alamin hari ini Selasa (11/10/2022) kita sudah bisa melaksanakan rapat perdana Idaroh Syu'biyah JATMAN Bengkalis, untuk pengurus Kabupaten Bengkalis. Alhamdulillah rapat perdana ini dihadiri kurang lebih 50 persen dari seluruh pengurus, di mana jumlah pengurus lima puluh dua (52) orang, dikarenakan ada beberapa hal," ujar Fadhli.

Rapat ini tadi membahas ada delapan (8) agenda, alhamdulillah resmi sudah tuntas, di antaranya tentang rencana untuk mengadakan Haul seluruh pendiri dan Tuan Guru- Tuan Guru Thoriqoh yang ada di Kabupaten Bengkalis. Kalau tahun kemarin sudah dilakukan juga di Desa Pedekik, tapi khusus Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (Tiga Kabupaten), kalau yang ini atas nama JATMAN seluruh Thoriqoh yang ada di Kabupaten Bengkalis. Karena Thoriqoh yang ada di Kabupaten Bengkalis tidak hanya Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah dan banyak Thoriqoh yang lain yang ada di Kabupaten Bengkalis ini, tambah Fadhli.

"Salah satu agenda utama dari delapan (8) poin yang dibahas dalam rapat ini adalah menyepakati akan dilaksanakannya Haul Masyayikh Thoriqoh setiap tahun, yang disepakati secara bergilir," ungkap Fadhli. (devon)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar