Loading...
DETIK-DETIK PERGANTIAN TAHUN BARU IMLEK

Kembangapi Imlek

Di Baca : 427 Kali

Pekanbaru,  Detak Indonesia--Kembangapi Imlek 2569\/2018 benar-benar "menerangi" Kota Pekanbaru Riau terutama di kawasan "Kampung Tionghoa Melayu" Pekanbaru saat  berlangsung detik-detik pergantian tahun Imlek 15 Februari 2017 ke 16 Februari 2018 pukul 00.00 WIB.

Ribuan wisatawan memadati kawasan Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru ini bagai lautan manusia di bawah jipratan sinar kembangapi yang bertubi-tubi membelah angkasa "Kota Minyak" Pekanbaru. 

"Ini benar-benar pesta gila ya bang,  luar biasa letupan kembangapi Imleknya," kata salah seorang wisatawan tadi malam. 
 ","photo":"\/images\/news\/c2ek0swgjf\/1518715350-picsay.jpg","caption":"Kembangapi Imlek yang \"menerangi\" Kota Pekanbaru terutama di kawasan \"Kampung Tionghoa Melayu\" Jalan Karet Pekanbaru, Riau saat detik-detik pergantian Tahun Baru Imlek 15 Februari 2017-16 Februari 2018 atau 2568 ke 2569. (Aznil Fajri\/Detak Indonesia.co.id)"},{"body":"

Sebelumnya pada pukul 22.00 WIB di lokasi ini telah berlangsung acara Panggung Hiburan (Karaoke). Imlek oleh warga Tionghoa merupakan budaya dan diperingati di seluruh dunia oleh warga Tionghoa. Warga Tionghoa mengucapkan Gong Xi Fa Cai (Selamat Tahun Baru Imlek).

Sebanyak 1.088 buah lampu lampion menerangi pula kawasan yang dulu bernama Jalan Tanah Merah ini.  Di tahun 1965-1970-an banyak pekerja asing Amerika di PT Caltex Pacific Indonesia (PT CPI) turun dari Rumbai ke kawasan ini untuk menikmati kuliner di tepi Sungai Siak seperti ikan Selais,  Ikan Juaro,  udang galah,  kepiting,  cumi dan lain-lain sampai begadang di Jalan Residen yang berganti nama jadi Jalan Asia dan sekarang jadi Jalan Sudirman Pekanbaru. 
 ","photo":"\/images\/default-photo.jpg","caption":""},{"body":"

Pekerja asing Amerika ini biasanya dari seberang Rumbai memarkirkan kendaraannya di terminal Boom Lama Pekanbaru yang sekarang disebut Lapangan Bukit Senapelan Pekanbaru.  Mobil-mobil antik zaman dulu dengan berbagai merek seperti Impala,  Holden, Chevrolet nampak parkir di lapangan tersebut. 

Zekarang zaman now semua sudah berubah berkembang pesat Jalan Tanah Merah (sekarang Jalan Karet) yang dulunya dari tanah sekarang sudah diaspal.  Jembatan gantung Boom Lama dulu yang dibangun Caltex sekarang sudah berubah jadi Jembatan Siak III Pekanbaru yang lebih moderen.

Pesta kembangapi Imlek ini akan menjadi iven tahunan dan rutin dilaksanakan setiap tahun saat datang Perayaan Imlek di Kota Pekanbaru.(azf)","photo":"\/images\/default-photo.jpg","caption":"



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar