TPID Kabupaten Karo Lakukan Monitoring

Tinjauan ke Pasar, Ditemukan Harga Beras Naik !

Di Baca : 951 Kali
Antisipasi kenaikan harga bahan pokok Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Karo, Sumut melakukan monitoring ke Pusat Pasar Kabanjahe Kamis (31/8/2023). (Diskominfo Kab Karo)

Kabanjahe, Detak Indonesia--Antisipasi kenaikan harga Bahan pokok, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karo melakukan kegiatan monitoring langsung ke lapangan untuk mengecek harga dan ketersediaan beras di Pusat Pasar Kabanjahe, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk memonitor dan menganalisis pergerakan harga di pasar, serta melakukan tindakan preventif dan korektif untuk mengendalikan harga beras.

Dari hasil pantauan di lapangan, ditemukan kenaikan harga beras. Monitoring harga beras dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Dapatkita Sinulingga.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga tersebut, Bulog bersama dengan Pemerintah Kabupaten Karo ke depannya akan melakukan perluasan jaringan mitra baru Bulog di Kabupaten Karo.

Ikut serta dalam monitoring tersebut, Kepala Bulog KCP Kabanjahe, Eko Kumboro, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Karo, Hendrik Philemon Tarigan, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Sarjana Purba.

Pada hari yang sama, di ruang rapat Command Center, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang bersama dengan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karo mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2023 bertempat di Istana Negara, Jakarta.

Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Tema utama Rakornas tahun ini adalah "Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan".

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi adalah pertemuan tahunan tingkat nasional berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi. Pertemuan ini diinisiasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan dididukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) bekerja sama melalui TPIP dan TPID untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional, meskipun sedang dihadapkan pada berbagai risiko inflasi dan tantangan terkait ketahanan pangan. (stm)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar