DIHADIRI PM Li Qiang

Muka Tembok Habis Tusuk ASEAN Pakai Peta 2023, Tiongkok Pamer Diundang Indonesia Ikut KTT ASEAN 43

Di Baca : 3661 Kali
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 5-7 September 2023 di Jakarta dihadiri pemimpin negara-negara Asean, hadir pula PM Tiongkok Li Qiang. (Dok. Sekneg)
 

Pertemuan tersebut mengadopsi Pedoman Percepatan Kesimpulan Dini COC yang Efektif dan Substantif.

"Pada hari Senin, 28 Agustus 2023, Kementerian Sumber Daya Alam  Tiongkok mengeluarkan 'Peta Standar  Tiongkok Edisi 2023' yang juga mencakup wilayah maritim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Malaysia  dekat Sabah dan Sarawak, Brunei,  Filipina, Indonesia dan Vietnam serta seperti beberapa daerah di India," jelas Bernama dalam artikelnya edisi 30 Agustus 2023.

Kementerian Sumber Daya Alam  Tiongkok merilis peta tersebut bersamaan dengan Pekan Kesadaran Pemetaan Nasional Tiongkok dan Hari Publisitas Survei dan Pemetaan, Peta  Standar 2023, Selasa (29/8/2023).

Peta terbaru Tiongkok itu disebut mencakup bagian wilayah maritim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Malaysia, dekat Sabah dan Sarawak, Brunei, Filipina, Indonesia dan Vietnam.
Menurut UNCLOS 1982, di wilayah perairan tersebut, negara mempunyai hak untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi, konservasi dan pengelolaan sumber daya alam hayati maupun nonhayati.

Dikutip Zonajakarta.com dari akun X media terafiliasi China X @globaltimesnews yang mengunggah sebuah postingan pada 28 Agustus 2023, Tiongkok baru saja mengeluarkan peta terbaru negaranya.

PM Tiongkok Li Qiang diundang khusus hadir, Tiongkok bukan bagian dari Negara ASEAN.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar