Hasilkan produk Standar Nasional Indonesia (SNI)

UMKM Mitra PTPN V, Dari Pelosok Desa ke Penjuru Nusantara

Di Baca : 731 Kali
Koperasi Rumbio Jaya Steel tampil di INABUYER 2023 beberapa waktu lalu. PTPN Group melalui anak perusahaannya, PTPN V terus mendorong UMKM binaannya untuk tumbuh, berkembang bagian dari penguatan ekonomi masyarakat. (Dok. Humas PTPN V)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Rumbio Jaya merupakan salah satu desa kecil yang berdiri di pinggiran Sungai Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kehidupan masyarakat desa terus mengalir selayaknya aliran Sungai Kampar yang meliuk indah menerjang bebatuan memberikan sumber kehidupan.

Sejatinya, kampung itu menyimpan harta karun tak terhingga. Sebagian penduduknya memiliki keahlian untuk mengolah besi bekas menjadi barang berharga. Terutama untuk memenuhi kebutuhan perkebunan, yang merupakan salah satu lokomotif ekonomi utama desa sekitarnya.

Akan tetapi, keahlian tersebut tidak terkelola dengan baik. Potensi itu terpendam begitu lama. Begitu lama terpisah dan sulit untuk melangkah menuju kesuksesan bersama. Tak jarang beberapa dari mereka menjadi kompetitor antar sesama.

"Sejak 1960, desa kami memang telah dikenal sebagai kampung pandai besi. Hingga berpuluh tahun lamanya, bakat itu menjadi mata pencarian utama. Namun tidak ada perkembangan signifikan," kata Mas Andri, salah satu pemuda Desa Rumbio Jaya.

Hingga akhirnya, pada 2020 lalu perusahaan perkebunan milik negara yang beroperasi di Provinsi Riau, PT Perkebunan Nusantara V hadir menyentuh mereka.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar