dorong UMKM agar terus tumbuh dan berkembang bersama PTPN V

Kemenperin Puji Upaya PTPN V Perkuat UMKM

Di Baca : 782 Kali
UKM Mitra Binaan PTPN V yang turut ambil bagian dalam pameran Forum Kemitraan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Industri Kecil menengah (IKM) yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) di Gedung Smesco Jakarta beberapa waktu lalu. (ist) 

Pekanbaru, Detak Indonesia--Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi langkah PT Perkebunan Nusantara V Riau yang terus memperkuat usaha mikro kecil menengah hingga mampu bersaing dan tumbuh berkembang membuka lapangan kerja baru. 

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita merujuk UMKM mitra PTPN V terdiri dari para pengrajin besi yang mampu bertahan dan bahkan meraup cuan besar meski dihantam badai pandemi. Dalam keterangannya, ia mengatakan salah satu terobosan yang dilaksanakan PTPN V dalam memperkuat UMKM binaannya adalah melalui sertifikasi produk yang dihasilkan. 

"Contohnya, kemitraan antara pelaku UMKM bersama PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) dalam hal alat dan mesin pertanian (Alsintan). Itu semua produknya memiliki SNI (standar Nasional Indonesia)," kata Reni dalam Forum Kemitraan UMKM/IKM dengan BUMN dan Usaha Besar di Exhibition Hall Smesco, Jakarta, akhir November 2022 lalu. 

Mitra UMKM binaan anak Perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) itu adalah Rumbio Jaya Steel dan Mola Maju Basamo yang fokus pada produksi peralatan mekanisasi dan mesin pertanian. UMKM tersebut turut mejeng dalam kegiatan yang diinisiasi Kementerian Koperasi, Kemenperin, dan Kementerian BUMN tersebut. 

UMKM binaan PTPN V itu menjadi salah satu wakil kelompok usaha mitra binaan di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara III Persero. Sejak menjadi mitra perusahaan pada 2019 silam, UMKM yang memberdayakan ratusan pandai besi di pedalaman Kabupaten Kampar, Riau tersebut terus berkembang hingga mencetak omzet sebesar Rp4 miliar sepanjang 2021 lalu. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar