Sukses, 65 UMKM bazar UMKM di halaman PT Pos Indonesia Pekanbaru

Dukung Pengembangan UMKM Riau, Rumah BUMN Kolaborasi dengan PT Pos Indonesia

Di Baca : 362 Kali

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Rumah BUMN (RB) dan PT Pos Indonesia berkolaborsi untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Riau melalui berbagai upaya. Salah satunya dengan menyelenggarakan bazar UMKM di halaman PT Pos Indonesia Pekanbaru, Regional Provinsi Riau, Ahad (10/9/2023), yang dihadiri oleh 65 UMKM.

CEO Rumah BUMN Riau, Dian Pratomo, menjelaskan iven ini digelar untuk mensosialisasikan bahwa PT Pos Indonesia, memberikan special price untuk ekspedisi produk UMKM binaan Rumah BUMN Riau, dengan Biaya Rp10.000,- per kg tanpa batas maksimal berat, sosialisasi Marketplace UMKM di PT Pos Indonesia, sosialisasi program Rumah BUMN Riau, mengenalkan produk binaan RB kepada masyarakat, meningkatkan penjualan produk UMKM, serta membangun citra BUMN kepada masyarakat Riau.

“Kami melihat UMKM sebagai tulang punggung ekonomi yang perlu mendapatkan perhatian serius. Rumah BUMN berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM dengan berbagai inisiatif seperti berkolaborasi dengan PT POS Indonesia untuk mengurangi biaya expedisi kepada pelaku UMKM, sehingga dapat membantu pelaku UMKM meningkatkan daya saing usaha,” jelas Dian.

Sementara itu, PT Pos Indonesia memberikan program special price untuk UMKM ini merupakan bentuk  kontribusi dalam pembinaan UMKM di Provinsi Riau. Biaya ekspedisi khusus ini bisa untuk pengiriman langsung melalui PT Pos Indonesia.

“Mekanismenya dengan cara Rumah BUMN melakukan kurasi terlebih dahulu terhadap UMKM yang ingin memanfaatkan program tersebut, kerjasama ini berlaku untuk satu tahun namun tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang kembali,” ujar  Executive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru Teddy Kurniawan.

Melalui Rumah BUMN, Pertamina mengajak para pelaku UMKM untuk bisa berkembang bersama, dengan menjadikan Rumah BUMN sebagai tempat berkumpulnya para pelaku UMKM untuk bisa berbagi pengalaman dan berbagi ilmu. Di mana Rumah BUMN memberikan kontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM serta perekonomian di masyarakat.

Salah satu pelaku UMKM di bawah naungan Rumah BUMN mengaku senang dengan kegiatan dan kolaborasi ini.

“Dengan adanya harga khusus pengiriman ekspedisi dengan Pos pastinya biaya pengiriman produk dapat lebih murah dibandingkan penyedia ekspedisi lain, baik jumlah kecil maupun banyak. Karena program 10rb/kg se-Riau ini tidak ada batas maksimal,” ucapnya.

VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, mendukung program yang diberikan oleh PT Pos Indonesia sebagai aggregator yang dapat menghubungkan antara produsen dan konsumen di seluruh Indonesia. Mengingat saat ini efisiensi melalui teknologi dapat mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di daerah.

“Dengan program kolaborasi antara Rumah BUMN Riau dan PT Pos Indonesia, menjadi salah satu solusi bagi para pelaku UMK yang selama ini merasa kesulitan dalam melakukan penjualan secara online karena terkendala biaya kirim yang cukup mahal, semoga kerjasama ini dapat menular ke daerah lain sehingga produk lokal akan semakin memperluas target marketnya,” pungkas Fajriyah. (rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar