BERSAMA STAKEHOLDER

PTPN V Distrik Barat dan Masyarakat Sosialisasi Penertiban Hewan Ternak dan Ninja Sawit

Di Baca : 524 Kali
PTPN V Distrik Barat bersama stakeholder dan masyarakat mengadakan sosialisasi penertiban hewan ternak dan ninja sawit di Tandun, Sabtu (9/9/2023). (Nurul Arifin/Detak Indonesia.co.id)
 

Hewan ternak yang dibiarkan bebas berkeliaran mencari makan di kawasan perkebunan PTPN V, tanpa pengawasan, sehingga hewan ternak melakukan pengrusakan terhadap tanaman. Selain itu, kerap juga warga sekitar perusahaan melakukan tindakan pidana ringan, dengan mencuri buah kelapa sawit perkebunan, dengan dalih masuk ke kawasan perkebunan untuk mencari makan hewan ternak, namun ternyata di dalam keranjang rumputnya ada buah sawit.

"Dilaksanakan sosialisasi penertiban hewan ternak ini, tujuannya agar warga sekitar perusahaan yang memiliki usaha ternak sapi atau kambing, bisa saling menjaga, supaya usaha perkebunan berjalan lancar, dan peternakan warga juga lancar," ujar GM PT PN V Distrik Barat, Sugianto.

Dalam sosialisasi itu, pemateri juga menyampaikan, bahwa pemeliharaan hewan ternak sistem kandang, memiliki banyak manfaat. Pertama, kondisi hewan ternak terawat. Kedua kotoran ternak dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik, dan juga merupakan bahan baku biogas.

GM PTPN V Distrik Barat, Sugianto  berharap agar warga sekitar perusahaan mau bekerjasama dalam hal penertiban hewan ternak.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar