demi mendukung pencapaian target 1 juta BOPD di 2030

Elnusa dan PHR Sepakat Implementasikan Teknologi Stimulasi Reservoir EOR

Di Baca : 656 Kali
EVP Upstream Bussiness PHR Edwil Suzandi saat menandatangani MoU untuk implementasi teknologi stimulasi reservoir EOR demi mendukung pencapaian target 1 juta BOPD di 2030. (Dok. Humas PHR)

Nusa Dua Bali, Detak Indonesia – PT Elnusa Tbk (Elnusa) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang tergabung dalam Subholding Upstream (SHU) Pertamina menandatangani perjanjian kerja sama implementasi teknologi stimulasi penggetaran reservoir Enchance Oil Recovery (EOR). Kedua belah pihak sepakat menerapkan teknologi canggih tersebut untuk produksi migas PHR di Wilayah Kerja (WK) Rokan demi mendukung pencapaian target 1 juta barel minyak per hari di 2030.

Penandatanganan tersebut dilakukan dalam acara Indonesian Oil & Gas Convention (IOG) yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 20 September 2023. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha Elnusa Ratih Esti Prihatini dan EVP Upstream Business PHR Edwil Suzandi.

Teknologi Stimulasi penggetaran Reservoir EOR dalam pekerjaan ini merupakan teknologi vibroseis yang dilakukan untuk meningkatkan produksi minyak dengan mekanisme pemanfaatan gelombang elastik sebagai alat untuk menggerakkan partikel-partikel batuan reservoir, sehingga fluida yang ada di pori berpotensi ikut bergerak serta minyak yang terjebak di pori-pori batuan yang berupa droplet dapat bergerak ke wellbore (lubang sumur). Pergerakan droplet-droplet minyak tersebut kemudian membentuk aliran minyak guna meningkatkan mobilitas fluida reservoir sehingga berpotensi meningkatkan kapasitas produksi minyak.

Pekerjaan teknologi stimulasi penggetaran reservoir EOR ini direncanakan dilakukan di Wilayah Kerja Rokan. PHR menyediakan lapangan uji coba selama 60 hari. Elnusa juga bekerja sama dengan Pertamina Upstream Research and Technology Innovation (URTI) dalam melakukan implementasi teknologi stimulasi reservoir di lingkungan PHR WK Rokan.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar