Penyalahgunaan Narkoba digunakan untuk menghancurkan satu generasi dari sebuah negara

3,3 Juta Orang Indonesia Teratur Pakai Narkotika

Di Baca : 825 Kali
Kepala BNNP Riau Brigjen Robinson Siregar didampingi Kabid Berantas Kombes Charles Sinaga
 

Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Sebagai upaya untuk melindungi generasi bangsa dari kejahatan narkotika, pada tahun 2023 ini BNNP Riau semakin aktif melakukan langkah-langkah preventif yang bertujuan memberikan kekebalan sehingga meningkatnya imunitas masyarakat dari penyalahgunaan narkotika (Soft Power Approach). Langkah ini diambil sebagai solusi yang paling tepat untuk mematikan pangsa pasar narkotika di Indonesia, sehingga Indonesia tidak lagi menjadi lahan yang subur bagi sindikat narkotika. Adapun Program Pencegahan yang dilaksanakan BNN Provinsi Riau dan jajaran selama tahun 2023 adalah:

a. Penyebaran Informasi P4GN dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba kepada 754,988 orang masyarakat Riau atau 0,89 persen dari total populasi Provinsi Riau (data BPS jumlah penduduk Riau 2021-2023 sebanyak 6.735 329 Orang). Penyebaran Informasi disampaikan melalui kanal kanal media penyebaran informasi sepert: branding iklan antı narkoba melalui media cetak, media luar ruang, media radio, secara tatap muka melalui penyuluhan dan penyebaran edukasi bahaya narkoba media sosial

b. Pembentukan Desa Bersinar di 10 Desa, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Desa, BNNP Riau telah menginisiası pembentukan 10 (sepuluh) Desa Bersinar di wilayah Provinsi Riau, yaitu :

-Desa Semunai Kabupaten Bengkalis
-Kelurahan Perawang Siak
-Kelurahan Simpang Baru, Kota Pekanbaru
-Kelurahan Simpang Tiga, Kota Pekanbaru
-Desa Beringin Taluk, Kuantan Singingi
-Desa Gunung Kesiangan Kuantan Singingi
-Desa Mulya Subur, Pelalawan
-Desa Lubuk Ogung, Pelalawan
-Kelurahan Bagan Besar, Kota Dumai
-Kelurahan Teluk Binjai, Kota Dumai

Kesepuluh desa di atas merupakan pilot project dan percontohan pelaksanaan Desa Bersinar, dimana pemerintah desa menjadi motor dalam pelaksanaan pencegahan dan pemberantasan narkoba di wilayahnya, melalui sosialisasi kepada masyarakat, pembentukan Agen Pemulihan serta menjadi perpanjangan tangan BNN dalam pelaksanaan P4GN BNNP Riau berharap kedepannya semakin banyak Desa di Provinsi Riau dapat aktif dan berkomitmen melaksanakan Program Desa Bersinar di wilayahnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar