Rapat sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Karo

KPUD Karo Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 dengan Insan Pers, LSM dan Ormas Se-Kabupaten Karo

Di Baca : 1186 Kali
Untuk memantapkan Pemilu 2024 KPUD Karo Gelar Sosialisasi Pemilu dengan Insan Pers, LSM dan Ormas Se-Kabupaten Karo di Berastagi, Rabu (27/12/2024). (Saritua Manalu/Detak Indonesia.co.id)
 

"Dan di poin yang ke 5, inilah kita di Kabupaten Karo ada 97 Ormas dan LSM bila masing-masing ormas beranggotakan 20 orang jadi partisipasi dari ormas untuk menyukseskan Pemilu sebagai kontrol sosial sudah ada berkisaran 1.940 orang di Kabupaten Karo sebagai partisipan Relawan KPUD Karo di Pemilu 2024. Dan Sebagai kontrol sosial, Pemilu merupakan dukungan kita dalam berdemokrasi kita wajib menyukseskan pemilu 2024," ujar Kesbangpol Limnas Kab Karo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo dalam sambutannya mengajak agar Wartawan, Ormas, dan LSM tidak lupa untuk memilih di 14 Februari 2024, dan sebagai pemberi informasi wajib menghalau berita berita hoax. Wartawan yang independen dalam memilih dan berpolitik jangan sampai memengaruhi seseorang dalam menentukan pilihannya, sebagai contoh di dalam keluarga juga bisa berbeda pilihan dalam menentukan pemimpin yang dipilihnya. Dan tetap netral dalam pemberitaan sesuai dengan kaidah berita 5W + 1H.

Setiap pemberitaan harus dapat di pertanggungjawabkan, untuk mencegah penyebaran hoak ada tiga hal yang harus dilakukan (1) jangan langsung menyebarkan informasi yang diterima, (2) periksa informasi yang kita terima dengan membuka informasi resmi, (3) periksa dan pelajari informasi tersebut jika disebarkan apakah tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat?

"Tapi kalau bermanfaat maka itu boleh disebarkan dan mari kita wujudkan Pemilu 2024 aman, damai, dan sukses," ajak Kadis Kominfo Kabupaten Karo Frans Leonardo Surbakti SSTP. (stm)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar