Shio Naga Kayu 2024 Akan Membawa Keberuntungan

Perayaan Cap Go Meh di Pekanbaru Meriah !

Di Baca : 1046 Kali
Perayaan Cap Go Meh 2575/2024 di Pekanbaru Sabtu (24/2/2024) didahului dengan penyalaan petasan oleh Pejabat Pemprov Riau dan Pekanbaru serta tokoh Tionghoa Riau berlangsung semarak dan meriah. (azf)
 

Selain pesta rakyat dengan lampion, tradisi perayaan Cap Go Meh di Tiongkok juga dirayakan di lingkungan keluarga dengan tradisi makan bersama. Di Tiongkok, Cap Go Meh juga dikenal dengan Festival Yuan Xiao.

Makanan khas saat perayaan Cap Go Meh adalah Yuan Ziao (bahasa Mandarin) atau ronde. Ronde Cap Go Meh adalah bola-bola yang terbuat dari beras ketan dan dimakan bersama kuah gula dan rempah-rempah.

Tradisi Cap Go Meh di Indonesia khususnya Riau

Tak hanya di Tiongkok, tradisi perayaan Cap Go Meh juga populer di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, bahkan di Riau yang dekat dari segitiga emas Singapura-Malaysia-Indonesia (Riau). Di Indonesia (Riau), tradisi Cap Go Meh biasanya dirayakan dengan makan ketupat Cap Go Meh. Ada makna terkait Cap Go Meh dan makan ketupat.

Selain ketupat, ada juga makanan khas saat perayaan Cap Go Meh lain yang kerap disantap oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia yang merayakannya, yaitu lontong Cap Go Meh. Dikutip dari situs Pemkot Jakarta Pusat, lontong Cap Go Meh dapat dibilang sebagai adaptasi peranakan Tionghoa Indonesia terhadap masakan Indonesia.

Makna Lontong Cap Go Meh

Bagi etnis Tionghoa di Indonesia umumnya dan di Riau khususnya lontong Cap Go Meh adalah dianggap spesial dan memiliki makna pembawa keberuntungan. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa dengan menghidangkan dan memakan lontong Cap Go Meh pada Hari Raya Imlek akan mendapatkan keberuntungan, rezeki, dan kemakmuran.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar