Shio Naga Kayu 2024 Akan Membawa Keberuntungan

Perayaan Cap Go Meh di Pekanbaru Meriah !

Di Baca : 1042 Kali
Perayaan Cap Go Meh 2575/2024 di Pekanbaru Sabtu (24/2/2024) didahului dengan penyalaan petasan oleh Pejabat Pemprov Riau dan Pekanbaru serta tokoh Tionghoa Riau berlangsung semarak dan meriah. (azf)
 

Perayaan Cap Go Meh di Pekanbaru diisi dengan acara hiburan, kesenian, kebudayaan, barangsai. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan sosial, donor darah, bantuan sembako, dan lain-lain.

Seperti diketahui, perayaan Cap Go Meh adalah pada tanggal 15 bulan pertama Imlek. Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek bahasa Hokkian yang artinya malam ke-15. Secara harfiah, Cap Go Meh artinya Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam.

Sejarah Awal Mula Cap Go Meh

Merujuk jurnal yang ditulis oleh Listya Ayu dan Ayu Indah Wardhani dari FIB Universitas Indonesia yang berjudul 'Perjalanan Multikultural dalam Sepiring Ketupat Cap Go Meh', sejarah Cap Go Meh sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Sejarah Cap Go Meh sudah ada sejak abad 2 masehi di era Dinasti Han, dinasti kekaisaran di Tiongkok (China). Tradisi Cap Go Meh ini kemudian terbawa sampai ke Indonesia melalui akulturasi dari masyarakat Tionghoa peranakan.

Tradisi Perayaan Cap Go Meh

Tradisi Cap Go Meh dirayakan pada hari ke-15 awal tahun baru Imlek, sebagai puncak dari tahun baru tersebut. Di Tiongkok, tradisi perayaan Cap Go Meh lebih bersifat sosial yang dimeriahkan dengan pesta rakyat. Perayaan Cap Go Meh biasa diisi dengan kegiatan berpawai, arak-arakan pertunjukan barongsai di jalan hingga menyalakan lampion sebagai dekorasi kota.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar