berkontribusi turunkan emisi 29 persen pada 2030 dan target pemerintah menuju Net Zero Emissions 206

PTPN Dorong Perluasan Cangkang Sawit sebagai Sumber Energi Terbarukan

Di Baca : 666 Kali
Seorang karyawan mengoperasikan alat berat memindahkan cangkang sawit yang merupakan produk sampingan CPO di salah satu pabrik kelapa sawit Regional 3 PTPN IV PalmCo, Riau. (Dok. Humas Regional 3 PTPN IV PalmCo, Riau)
 

PTPN IV PalmCo Regional 3 diketahui telah mengoperasikan lima pembangkit tenaga biogas, dengan tiga unit diperuntukkan sebagai co-firing bahan bakar boiler dan dua lainnya menghasilkan energi listrik.

Sementara, satu unit pembangkit tenaga biogas (PTBg) co-firing lainnya akan segera beroperasi pada tahun ini yang berlokasi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Sei Rokan.

"Keberadaan PTBg membuat perusahaan beralih dari yang sebelumnya menjadikan cangkang sebagai biomassa untuk boiler menjadi by-product yang bisa dimanfaatkan secara luas," paparnya.

Pada 2023 misalnya, Ruri mengatakan perusahaan menghasilkan 29.592 ton cangkang sawit atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 17.117 ton cangkang sawit. Cangkang sawit tersebut selanjutnya menjadi sumber energi baru terbarukan yang mulai menjadi pengganti bahan bakar fosil di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain itu, cangkang itu turut berkontribusi atas efesiensi perusahaan hingga Rp27,67 miliar sepanjang 2023 lalu atau meningkat sebesar Rp16,43 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar