PENANAMAN PERDANA BIBIT KOPI 10.000 POHON

Kopi Karo, Salah Satu Kualitas Terbaik di Dunia

Di Baca : 9093 Kali
Bupati Karo Terkelin Brahmna SH melakukan penamaman perdana 10.000 bibit pohon kopi Arabica di Kecamatan Dolat Rakyat, Karo, Sumut Rabu (7/3/2018). (Foto Ist)

Dolat Rakyat,  Detak Indonesia--Penyelenggaraan penanaman perdana 10.000 pohon kopi sepanjang jalan desa dan antar desa di Kecamatan Dolat Rakyat Kabupaten Karo Sumut  Rabu (7/3/2018)  pukul 10.00 WIB dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Bupati Karo Terkelin Brahmana saat acara penanaman mengucapkan terimakasih kepada Direktur Bank Syariah dan Bisnis PT Bank Sumut Medan T Mahmud Jeffry yang telah memberikan CSR (Corporate Social Responsibility) 2018 melalui PT Bank Sumut Cabang Kabanjahe berupa bibit kopi 10.000 batang pohon dengan total uang  RP76.000.000 (tujuh puluh enam juta rupiah) untuk ditanam meliputi tujuh desa Se-Kecamatan Dolat Rakyat Karo Sumut, bekerjasama dengan PT Agro Kopi Karo Sumatera.

"Dengan adanya bibit tanaman kopi yang disedikan oleh CSR PT Bank Sumut,  mudah-mudahan masyarakat semakin banyak membudidayakan tanaman tersebut, sehingga akan menjadi pemasukan  masyarakat  Kabupaten Karo bagi kaum lansia (lanjut usia) sesuai dengan program yang diperuntukkan untuk lansia," kata Bupati Karo Sumut Terkelin Brahmana SH. 

Di sela-sela kegiatan ini Direktur Utama PT Agro Kopi Karo Sumatera Antoni Bangun menyebutkan Karo adalah salah satu suku di Sumatra Utara yang mendiami dataran tinggi Kabupaten Karo. Tanaman kopi merupakan komoditi perkebunan yang penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang hidup di kabupaten ini dan jenis kopi yang dikembangkan oleh masyarakat karo adalah jenis kopi Arabica. 

Lanjut Antoni lagi, program penanaman kopi perdana ini  dengan bantuan bibit kopi 10.000 pohon dari CSR PT Bank Sumut dan pihaknya sebagai konsultan dengan perusahaan PT Agro Kopi Karo Sumatera, siap membantu pemasaran dan pengolahan, sekadar mengingatkan untuk saat ini kopi Karo banyak digemari kalangan tua dan muda, terbukti saat ini juga kopi Karo sudah merambah keluar Sumatera dan keluar negeri.

"Nah ini harus kita kembangkan  dan kita jaga kualitas kopi Karo tetap eksis di mana- mana," jelasnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar