Kepala BNPB Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Galodo Sumbar

Presiden Instruksikan Buat 56 Sabo Dam di Sekitar Gunungapi Marapi Sumbar

Di Baca : 1030 Kali
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto SSos MM (rompi hijau dengan topi hitam) mendampingi Presiden Ir Joko Widodo meninjau lokasi terdampak banjir lahar hujan Gunungapi Marapi (galodo) di Nagari Bukit Batabuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Selasa (21/5/2024). (Dok. BNPB)
 

Saat di lokasi ini, Presiden berkesempatan untuk berdialog dengan masyarakat terdampak dan juga memberikan sejumlah bantuan, salah satunya simbolis bantuan rumah rusak.

Penanganan Bencana Berjalan Baik

Presiden Joko Widodo mengungkap, penanganan bencana galodo ini sudah baik.

"Saya lihat penanganan bencana di Agam maupun Tanah Datar ini sudah baik. Dimulai dari (proses) evakuasi korban, kemudian juga penanganan pengungsi, kemudian pembangunan jalan dan jembatan - jembatan darurat, semua sudah dilakukan. Masih ada satu (sampai) dua yang masih proses, kita kejar agar semua kembali normal," ucap Presiden setelah lakukan tinjauan.

Bagi warga yang berdampak paling parah dan berada di kawasan yang berbahaya, akan di relokasi ke tempat lebih aman.

"Rumah rusak berat yang memang di jalur berbahaya, tidak mungkin dibiarkan membangun di tempat itu lagi, sangat berbahaya sehingga perlu relokasi. Yang memang harus di relokasi, lahannya sudah disiapkan dan ditentukan bupati," ujar Presiden.

Tim Gabungan terus upayakan perbaikan jembatan yang terdampak banjir lahar hujan Gunungapi Marapi di Nagari Bukit Batabuah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Selasa (21/5/2024). (Dok. BNPB)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar