AMANAT UU NO. 25/2009

BRG Buka Pos Pengaduan Masyarakat di Riau

Di Baca : 3783 Kali
Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar Riau yang melintasi Kabupaten Kampar dan Pelalawan Riau banyak terdapat hamparan gambut rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). (Aznil Fajri/Detak Indonesia.co.id)

Di Riau, telah dibentuk Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD), sebagai Ketua Ahmad Hijazi (Sekdaprov Riau) dan Sekretaris Ervin Rizaldi yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau. "Tim TRGD kelola anggarannya sendiri," kata Eko.

Pada tahun 2017,  ada sekitar 400 sumur bor, 309 sekat kanal yang dibangun. Program BRG itu tersebar di 24 kawasan hidrologis gambut yang sudah ditentukan dan ada kajian analisis. 

"Program ini jadi sasaran BRG sampai tahun 2020. Jadi kita sudah tentukan kawasan hidrologis, kegiatan tak boleh dilaksanakan di luar kawasan yang telah ditentukan," ujar Eko.

Di pihak lain, petugas penanganan pengaduan di Riau, Suryadi menyatakan, siap menjalankan tugas untuk menerima pengaduan dari masyarakat maupun stakeholder terkait dengan restorasi gambut. "Pengaduan juga dapat disampaikan, terkait dengan kinerja petugas di lapangan," kata Suryadi.(*/rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar