SEMBURKAN LUMPUR

Kawah Sileri Gunungapi Dieng Meletus

Di Baca : 4142 Kali
Kawah Sileri di Komplek Gunungapi Dieng di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah untuk kesekian kalinya meletus freatik kembali secara tiba-tiba Minggu (1/4/2018) pukul 13.42 WIB menyemburkan lumpur. (Foto Humas BNPB)

Letusan freaktif adalah jenis letusan gunungapi yang disebabkan adanya tekanan uap air di bagian bawah kawah kemudian mendorong material lumpur, asap dan air yang ada di bagian atasnya. Letusan freaktik sulit untuk dideteksi. Dapat terjadi kapan saja, terutama saat musim penghujan dimana adanya massa air yang berada di kawah kemudian terjadi kontak dengan panas di dalam kawah yang selanjutnya terjadi tekanan uap air.

Kawah Sileri pernah meletus freatik pada 2 Juli 2017 pukul 11:54:24 WIB, yang melontarkan material lumpur setinggi 150 meter dengan jarak lontaran sejauh 50 meter dari bibir kawah ke arah selatan dan utara. Material lain yang dikeluarkan pada saat letusan adalah batu dengan diameter 5 - 40 sentimeter ke arah selatan dan timur, sedangkan batu berukuran diameter 1 cm – 10 cm dominan ke arah utara dan barat.  Saat itu wisatawan banyak berkunjung di sekitar Kawah Sileri karena bersamaan libur Idul Fitri.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar