KERUSAKAN-KERUGIAN CAPAI Rp1,80 TRILIUN

Gunung Sinabung Meletus Lagi!

Di Baca : 4143 Kali
Gunung Sinabung di Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara meletus lagi Jumat (6/4/2018) pukul 16.07 WIB tadi menyemburkan debu setinggi 5.000 meter. Selama mulai meletus September 2013 sampai Mei 2015 kerusakan dan kerugian mencapai Rp1,80 triliun. (Foto

Letusan dan awan panas yang menuruni lereng Gunung Sinabung itu seakan menjadi penegas misteri Sinabung. Misteri yang hingga sekarang tak kunjung terungkap mengenai kapan Sinabung akan berhenti meletus.

Gunung Sinabung menyimpan misteri, yaitu kapan gunungapi ini akan berhenti meletus. Secara ilmiah, fenomena letusan menerus Sinabung setelah lama tertidur tersebut ada hubungannya dengan rentetan gempa besar yang terjadi di zona subduksi di sekitar Pulau Sumatera. 

Peneliti Matteo Lupi dan Stephen Miller dalam penelitiannya di Jurnal Solid Earth menyimpulkan bahwa gempa-gempa yang terjadi di Sumatera, yaitu Aceh 2004, Nias 2005, dan Mentawai 2010 telah memicu gempa lain di Sumatera daratan. Akibatnya tegangan (stress) yang selama ini menekan dan menyungkup dapur magma Sinabung melemah. Pelemahan pada selubung dapur magma ini menyebabkan magma bermigrasi ke atas melewati retakan-retakan baru yang terbentuk hingga akhirnya meletus. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar