CUACA EKSTREM NELAYAN TETAP MELAUT

Kasat Pol Air Bengkalis Imbau Nelayan Perhatikan Keselamatan

Di Baca : 1353 Kali

Bengkalis, Detak Indonesia--Cuaca ekstrem akhir-akhir ini, terkadang membuat sebagian nelayan tetap melaut untuk mencari nafkah.

Melaut dengan cuaca yang ekstrem, resikonya juga sangat besar sehingga dapat membahayakan keselamatan nelayan.

Kasat Pol Air Polres Bengkalis, AKP Yudhi Franata SIK mengimbau semua nelayan yang pergi melaut untuk tetap memperhatikan keselamatan jiwa.

Kita harapkan nelayan yang pergi melaut dapat membawa alat-alat keselamatan, termasuk juga alat komunikasi, sehingga jika terjadi sesuatu di laut dapat langsung mengabari," kata AKP Yudhi.

"Imbauan dari BMKG itu harus diperhatikan, jangan sampai tidak mengetahuinya, jaket pengaman dan sebagainya,jangan merasa laut sebagai habitat, jadi menyampingkan faktor keselamatan nelayan," tegas AKP Yudhi lagi.

Untuk itu, AKP Yudhi mengatakan, segala bantuan yang diberikan Sat Pol Air Polres Bengkalis yaitu berupa life jacket hendaknya dimanfaatkan dengan sebenarnya untuk menunjang operasional melaut.

"Manfaatkan life jacket tersebut, jangan diberi, tapi dijual nantinya, kita harapkan tidak terjadi begitu, karena yang kita berikan dapat membantu nelayan dalam mencari nafkah." jelasnya.

"Ada yang harus diperhatikan dalam melaut dan Kasat Polair memberikan imbauan tentang keswlqmatan di laut kepada pemilik/pengusaha pelayaran dan segenap masyarakat pengguna jasa perairan agar 
apabila cuaca tidak memungkinkan (angin kencang, ombak besar) atau kondisi kapal sudah melebihi kapasitas angkut sebaiknya anda menunda keberangkatan demi keselamatan diri dan keluarga.

Memperhatikan kondisi dan kesiapan kapal apakah masih memenuhi kelayakan untuk berlayar.

Wajib menyediakan life jacket (pelampung) untuk dipakai pe umpqng dan awak kapal dalam situasi darurat.

Apa ila dalam situasi darurat para penumpang diharap untuk tetap tenang dan tidak panik, ikuti petunjuk nahkoda kapal.(tad)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar