Nasional

Ini Penyebab Gelombang Tinggi Muncul di Pantai Selatan Jawa

Di Baca : 4576 Kali
BMKG: salah satu penyebab gelombang tinggi yang terjadi di sepanjang pantai selatan Jawa sejak, Rabu, 25 Juli 2018, adalah kecepatan angin yang meningkat

BANDUNG, DetakIndonesia.co.id --Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat salah satu penyebab gelombang tinggi yang terjadi di sepanjang pantai selatan Jawa sejak, Rabu, 25 Juli 2018, adalah kecepatan angin yang meningkat. "Peningkatannya cukup drastis," kata Kepala (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya, saat dihubungi, Kamis, 26 Juli 2018.

Tony mengatakan, kecepatan angin di perairan selatan di Samudera Hindia yang terjadi kemarin, Rabu, 25 Juli 2018 menembus 37 kilometer per jam. "Biasanya normalnya itu sekitar 10 kilometer per jam. Karena kecepatan angin meningkatn, maka gelombang laut menjadi tinggi," kata dia.

Menurut Tony, gelombang tinggi umum terjadi di puncak musim kemarau. "Sekarang menjelang puncak musim kemarau di Juli-Agustus. Biasanya di puncak musim kemarau, angin dari benua Australia, angin timuran menguat, dominan. Karena angin yang menguat ini mengakibatkan kecepatan angin meningkat sehingga berdampak ke gelombang tinggi," kata dia.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar