Idul Adha

Jelang Idul Adha, Sukabumi Waspadai Penyebaran Antraks

Di Baca : 2499 Kali
Menjelang Idul Adha, Pemerintah Kota Sukabumi mewaspadai penyebaran penyakit antraks pada hewan kurban.

SUKABIMI, Detak Indonesia.co.id -- Menjelang Idul Adha, Pemerintah Kota Sukabumi mewaspadai penyebaran penyakit antraks pada hewan kurban. Pasalnya, arus pergerakan hewan kurban ke Sukabumi dimungkinkan dari daerah yang sebelumya dilaporkan ada kasus antraks. "Kami mewaspadai lalu lintas hewan kurban dari Bogor yang pernah mengalami antraks," ujar Medic Veteriner, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Muhamad Rijki kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (8/8).

Dikhawatirkan terjadi proses penularan baik dari kendaraan atau pertukaran ternak Kota maupun Kabupaten Bogor ke Sukabumi. Oleh karena itu Rijki mengatakan, petugas DKP3 melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban baik di pasar hewan maupun lapak-lapak yang di pinggir jalan.

Untuk memeriksa tertular atau tidaknya hewan kurban dari antraks petugas memeriksa bagian lubang hidung, anus dan telinga. Jika kondisinya bersih Rijki mengatakan, maka hewan kurban seperti kambing maupun domba dinyatakan sehat dan negatif anthrax. Hingga kini DKP3 Sukabumi memastikan di Sukabumi masih terbebas dari penyebaran anthrax baik pada kambing, domba maupun sapi.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar